Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Sean Penn, Sutradara yang Rekam Invasi Rusia untuk Dokumenter

Kompas.com - 25/02/2022, 15:22 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

KOMPAS.com - Aktor sekaligus sutradara Sean Penn (61) tengah menggarap film dokumenter tentang invasi Rusia.

Saat ini Sean Penn telah berada di Ukraina untuk merekam dokumenter yang diproduksi oleh Vice Studios yang bekerja sama dengan Vice World News dan Endeavour Content.

Sean Penn bukan hanya dikenal sebagai sutradara, aktor peraih Piala Oscar itu kerap kali menyuarakan suaranya soal konflik sosial maupun politik.

Profil Sean Penn

Sean Justin Penn atau Sean Penn, pria asal Santa Monica, California, yang lahir pada 17 Agustus 1960.

Baca juga: Profil Yus Yunus, Pedangdut Asal Madura yang Sukses di Ibu Kota

Sean Penn merupakan seorang aktor, sutradara, penulis skenario, sekaligus aktivis Amerika Serikat yang mulai aktif berkarier di industri hiburan sejak tahun 1974.

Kemampuan akting Penn tak diragukan. Pria yang kini berusia 61 tahun itu dua kali memenangi Oscar untuk kategori Aktor Terbaik.

Oscar pertama Penn diraih pada 2003 lewat film Mystic River, sementara Oscar keduanya pada 2008 lewat film Milk.

Ayahnya, Leo Penn juga seorang aktor dan sutradara senior di industri hiburan Amerika Serikat. Ibunya bernama Eileen Ryan yang juga seorang aktris. Penn memiliki dua saudara yaitu Michael Penn dan Chris Penn.

Baca juga: Profil Pemain Drakor Oh My Venus, Ada Shin Min Ah hingga Henry Lau

Penn lahir dari keluarga berdarah seni yang memutuskan bergabung dengan Los Angeles Repertory Theater alih-alih mengenyam pendidikan tinggi.

Filmography

Sean Penn muncul pertama kali di televisi lewat serial Little House on the Prairie episode 112 pada 1974. Ayah Penn menjadi sutradara dari beberapa serial tersebut.

Adapun debut pertama Penn sebagai aktor film berlangsung pada 1981 lewat film laga, Taps.

Sejak saat itu Penn memerankan berbagai jenis karakter dalam film. Dia pernah menjadi peselancar kurang bersprestasi di Fast Times at Ridgemont High (1982), menjadi remaja nakal di Bad Boys (1983), menjadi anak punk pencuri di Crackers (1984), hingga jadi marinir perang di Racing with the Moon (1984).

Baca juga: Profil dan Biodata Anna Delvey, Si Penipu Ulung di Kalangan Sosialita

Sempat meredup karena konfrontasi pada paparazzi hingga dipenjara selama satu bulan pada 1987, Penn kembali di industri film dengan karya-karya orisinalnya.

Bukan hanya jadi aktor, Penn mulai mengarahkan filmnya sendiri dan menjadi penulis filmnya. Film karya Sean Penn di antaranya Indian Runner (1991), The Crossing Guard (1995), hingga serial The Pledge yang dibintangi Jack Nicholson.

Beberapa film Penn selanjutnya di abad 20 adalah The Assassination of Richard Nixon (2004), Interpreter (2005), All the King’s Men (2006), Into the Wild (2007), Milk (2008), Fair Game (2010), The Tree of Life (2011), This Must Be the Place (2011), Gangster Squad (2013), The Gunman (2015), dan The Professor and the Madman (2019).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com