Kompas.com - 17/05/2022, 10:32 WIB

KOMPAS.com - Girls' Generation atau Sonyeo Shidae dalam bahasa Korea, atau SNSD, adalah grup wanita asal Korea Selatan dari generasi kedua dalam sejarah Kpop.

SNSD adalah grup wanita di bawah naungan SM Entertainment yang debut pada 5 Agustus 2007 silam lewat lagu "Into the New World".

SNSD mulanya beranggotakan sembilan orang yakni Taeyeon, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, Jessica, dan Seohyun. Namun anggotanya kini berjumlah delapan orang setelah Jessica hengkang dari grup pada tahun 2014.

Member SNSD menjalani masa trainee berbeda-beda sebelum debut. Mereka juga bergabung dengan SM Entertainment dengan beragam cara mulai dari street casting, audisi, hingga memenangi kompetisi.

Baca juga: SNSD Akan Comeback dengan Formasi Lengkap pada Agustus 2022

Awal mula karier

SNSD merilis album pertamanya, Girls' Generation, pada 2007 dan terjual sebanyak 100.000 keping. Lagu-lagu dalam album tersebut membawa SNSD meraih kemenangan pertama mereka di acara musik lokal mingguan seperti M-Countdown hingga Inkigayo.

Selanjutnya pada 2009, popularitas SNSD meningkat usai grup yang dipimpin oleh Taeyeon itu merilis single "Gee". Lagu itu menorehkan banyak prestasi, berada di puncak tangga lagu musik, acara musik, dan terjual 300.000 keping dalam 10 hari.

Di tahun yang sama, SNSD yang mendulang popularitas di seluruh Korea memulai konser tunggal pertama di Seoul dan di beberapa kota Asia lainnya.

Tiga tahun sejak debutnya, SNSD telah mendapatkan daesang atau penghargaan utama di beberapa acara penghargaan termasuk Golden Disk Award. Grup itu juga masuk dalam daftar 50 power leader Korea versi Asia Today.

Baca juga: Novel Baru Jessica Eks SNSD Ramai Dibicarakan, Kenapa?

SM Entertainment memanfaatkan popularitas SNSD dengan baik saat itu. Mereka melebarkan sayap Girls' Generation dengan mendebutkan grup itu di Jepang pada 2010 lewat single "Genie". Showcase Jepang SNSD menjadi yang terbesar saat itu sampai digelar selama tiga hari karena membeludaknya peminat.

Sebagai grup generasi kedua, SNSD berhasil membuka jalan bagi para juniornya di industri Kpop untuk berkarier di luar negeri, terutama di Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.