Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil SNSD atau Girls' Generation, Grup Kpop Generasi 2 yang Taklukan Pasar Jepang

Kompas.com - 17/05/2022, 10:32 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

KOMPAS.com - Girls' Generation atau Sonyeo Shidae dalam bahasa Korea, atau SNSD, adalah grup wanita asal Korea Selatan dari generasi kedua dalam sejarah Kpop.

SNSD adalah grup wanita di bawah naungan SM Entertainment yang debut pada 5 Agustus 2007 silam lewat lagu "Into the New World".

SNSD mulanya beranggotakan sembilan orang yakni Taeyeon, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, Jessica, dan Seohyun. Namun anggotanya kini berjumlah delapan orang setelah Jessica hengkang dari grup pada tahun 2014.

Member SNSD menjalani masa trainee berbeda-beda sebelum debut. Mereka juga bergabung dengan SM Entertainment dengan beragam cara mulai dari street casting, audisi, hingga memenangi kompetisi.

Baca juga: SNSD Akan Comeback dengan Formasi Lengkap pada Agustus 2022

Awal mula karier

SNSD merilis album pertamanya, Girls' Generation, pada 2007 dan terjual sebanyak 100.000 keping. Lagu-lagu dalam album tersebut membawa SNSD meraih kemenangan pertama mereka di acara musik lokal mingguan seperti M-Countdown hingga Inkigayo.

Selanjutnya pada 2009, popularitas SNSD meningkat usai grup yang dipimpin oleh Taeyeon itu merilis single "Gee". Lagu itu menorehkan banyak prestasi, berada di puncak tangga lagu musik, acara musik, dan terjual 300.000 keping dalam 10 hari.

Di tahun yang sama, SNSD yang mendulang popularitas di seluruh Korea memulai konser tunggal pertama di Seoul dan di beberapa kota Asia lainnya.

Tiga tahun sejak debutnya, SNSD telah mendapatkan daesang atau penghargaan utama di beberapa acara penghargaan termasuk Golden Disk Award. Grup itu juga masuk dalam daftar 50 power leader Korea versi Asia Today.

Baca juga: Novel Baru Jessica Eks SNSD Ramai Dibicarakan, Kenapa?

SM Entertainment memanfaatkan popularitas SNSD dengan baik saat itu. Mereka melebarkan sayap Girls' Generation dengan mendebutkan grup itu di Jepang pada 2010 lewat single "Genie". Showcase Jepang SNSD menjadi yang terbesar saat itu sampai digelar selama tiga hari karena membeludaknya peminat.

Sebagai grup generasi kedua, SNSD berhasil membuka jalan bagi para juniornya di industri Kpop untuk berkarier di luar negeri, terutama di Jepang.

Tak berhenti di Jepang, SNSD memperluas pasar Kpop ke Amerika Serikat lewat album The Boys yang rilis pada 2011. Memang tidak masuk Hot 100 Billboard, tapi "The Boys" sukses masuk To 30 grafik iTunes Amerika Serikat.

Proyek baru dan tur dunia

SNSD tak hanya hadir sebagai grup beranggotakan sembilan orang saat itu, SM Entertainment menghadirkan warna baru dari para member SNSD mulai dari pembentukan sub unit hingga debut sebagai aktris.

Baca juga: Drama Lee Jong Suk dan Yoona SNSD Akan Tayang pada Juli 2022

Yoona dan Yuri jadi yang pertama bergabung dengan dunia akting pada 2012. Di tahun yang sama sub unit TTS Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun, merilis mini album Twinkle.

Berselang satu tahun pada 2013, SNSD pun menggelar tur dunia pertama mereka setelah rilis mini album keempat, I Got a Boy. Tur 2013 Girls' Generation World Tour: Girls & Peace berlangsung di Jepang, Korea Selatan, Indonesia, Thailand, dan China.

SNSD merilis single album terakhir mereka pada 2015 lewat "Catch Me If You Can". Mini album ini menandai hiatusnya grup SNSD dan ramainya aktifitas indivual para member mulai dari debut solo hingga main drama.

Setelah hampir tujuh tahun hiatus, kini SNSD umumkan akan hadir dengan formasi lengkap lewat comeback album baru pada Agustus 2022 mendatang. Bertepatan dengan ulang tahun debut ke 15 tahun grup tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com