Kompas.com - 11/07/2022, 21:39 WIB
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Novel Laut Bercerita karya Leila S Chudori akan diterbitkan  dalam bentuk hardcover. Preorder akan mulai dibuka pada 18 hingga 21 Juli 2022.

Novel tersebut pertama kali diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) pada 2017 lalu dan kini siap menyapa para pembaca dengan bentuk yang lebih menarik.

Editor senior KPG Christina M Udiani mengemukakan alasan novel bermuatan sejarah tersebut diterbitkan ulang dalam bentuk hardcover.

"Ini luar biasa. Kalau dilihat dari tradisi penerbitan, biasanya yang terbit hardcover dulu. Nah, kali ini, mengapa hardcover? Penerbit akan melihat, tergantung mutu dan kepentingan buku itu," ungkap Christina dalam konferensi pers virtual, Senin (11/7/2022).

"Biasanya hardcover menarik perhatian, ini loh, buku yang layak Anda lihat dan koleksi. Untuk memberi penekanan bahwa ini penting. Kemudian untuk menjangkau pasar yang lebih luas bisa dijual secara softcover," lanjutnya.

Selain terbit secara hardcover, novel yang mendapat penghargaan SEA Write Award pada 2020 ini juga dilengkapi dengan ilustrasi 10 tokoh dalam novel.

"Mbak Leila punya tradisi ilustrasi. Terbitan sebelumnya (versi softcover) ada dua. Nah, dalam hardcover ini kami melihat kesempatan. Pembaca semacam merasa kedekatan dengan karakter-karakter dalam novel. Oke, dibuatlah ilustrasi 10 tokoh dalam Laut Bercerita," lanjut Christina.

Sebagai penulis, Leila ingin memberikan sesuatu yang lebih kepada pembaca yang membeli Laut Bercerita versi hardcover.

"Dari awal, saya ingin berikan sesuatu lebih kepada pembaca karena hardcover lebih mahal. Jadi kita harus beri sesuatu. Bayangan saya, postcard. Akhirnya kami pilih Mas Yuyun Nurachman sebagai ilustrator," ungkap Leila.

Konsep ironi tetap ditawarkan oleh Laut Bercerita di bagian sampul buku.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.