Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Cita Citata, Awal Karier sebagai Penyanyi Jazz hingga Jadi Penyanyi Dangdut

Kompas.com - 14/08/2022, 15:38 WIB
Revi C. Rantung,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Cita Rahayu atau lebih dikenal dengan nama Cita Citata merupakan salah satu penyanyi dangdut yang begitu dikenal dan namanya melejit lewat lagu “Goyang Dumang”.

Cita Citata merupakan penyanyi dangdut yang sudah memulai kariernya sebagai pedangdut sejak usia 20 tahun.

Dia lahir di Bandung pada 14 Agustus 1994. Orangtua Cita Citata bernama Herdi Suwito dan Otih Juariah.

Baca juga: Cita Citata Mendadak Putuskan Rehat dari Media Sosial

Meski memulai kariernya dari usia 20 tahunan, rupanya bakat Cita Citata dalam bernyanyi sudah ada sejak kecil. Bahkan sejak kelas 4 SD (Sekolah Dasar), Cita juga sudah menyanyi lagu dangdut di acara resepsi pernikahan dengan Gemilang Abdi Pratama.

Lambat laun, Cita Citata kemudian sempat berada dalam genre musik jazz.

Kendati demikian, setelah Cita bergabung dengan Sani Musik Indonesia pada 2014, ia kembali menjadi sebagai penyanyi dangdut.

Baca juga: Lebaran Sebentar Lagi, Cita Citata: Setop Tanyain Kapan Nikah!

Wanita kelahiran 14 Agustus 1994 ini kemudian merilis single yang berjudul “Sakitnya Tuh di Sini” dan “Goyang Dumang”. Kedua lagu ini sukses mengantarkan Cita ke puncak popularitasnya sebagai penyanyi dangdut dan semakin dikenal banyak orang.

Kariernya dalam industri musik juga tergolong moncer, pasalnya ia berhasil masuk dan meraih sejumlah nominasi. Salah satunya Cita Citata berhasil meraih Penyanyi Pendatang Baru Terpopuler di ajang MNCTV Dangdut Awards 2014.

Seiring dengan popularitas di industri musik, Cita pun mendapat tawaran untuk berakting di depan kamera. Walhasil, Cita Citata juga bermain dalam FTV yang berjudul Dangdut Is The Music of My Darling.

Baca juga: 2 Minggu Isoman, Cita Citata Sembuh dari Covid-19

Tak sejalan dengan kariernya, asmara Cita Citata justru tak mulus. Pada 2012 lalu, Cita pernah menikah dengan Galih Purnama, namun pernikahan itu kandas pada 2015 lalu.

Gagal berumah tangga, Cita kembali membangun hubungan asmara dengan pria asal Belanda, Roy Geurts. Cita pada waktu itu sudah sangat serius dengan Roy.

Namun di tengah persiapan pernikahannya, Cita mengumumkan bahwa ia telah putus dengan Roy. Bahkan Cita juga sempat mengembalikan cincin pertunangannya kepada Roy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com