BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan TikTok

Dari Pecah 2 Rekor MURI hingga Lomba Agustusan, Begini Keseruan #SerunyaIndonesia Festival dari TikTok

Kompas.com - 22/08/2022, 17:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ratusan kreator konten TikTok dengan pakaian berwarna merah dan putih memeriahkan acara #SerunyaIndonesia Festival dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta, Jumat (19/8/2022).

Para kreator konten tersebut mengikuti rangkaian lomba khas Agustusan, seperti balap karung, tarik tambang, halang bambu, tenis meja, dan cerdas cermat, yang diadakan secara offline dan online via live streaming TikTok.

Head of Operation TikTok Indonesia Mahwari Sadewa Jalutama mengatakan, perayaan HUT RI pada tahun ini digelar dengan tema yang diusung pemerintah, yaitu "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Baca juga: Rayakan Hari Kemerdekaan Ke-77 RI, TPFx Gelar Program Merdeka Big Deals

Melalui kampanye #SerunyaIndonesia, TikTok ingin turut mendorong pemulihan nasional dari pandemi Covid-19 melalui berbagai program yang berfokus pada sektor pariwisata, pemberdayaan ekonomi kreatif, dan semangat kebinekaan.

“Selama dua tahun terakhir, komunitas TikTok merayakan hari kemerdekaan secara virtual. Dalam periode itu, mereka telah memperlihatkan semangat untuk saling mendukung, mengapresiasi, dan bersatu sehingga bisa melewati tantangan semasa pandemi,” kata Mahwari saat membuka acara #SerunyaIndonesia Festival.

Semangat tersebut dapat dilihat salah satu dari upaya kreator konten dalam mempromosikan brand lokal dan destinasi wisata dari berbagai penjuru Indonesia.

Baca juga: Bantu Masyarakat Melek Asuransi, TikTok Jadi Platform Edukasi untuk Anak Muda

Mahwari menjelaskan bahwa semangat para kreator TikTok tersebut melatarbelakangi kampanye #SerunyaIndonesia. Kampanye ini tak hanya menggambarkan semangat persatuan dalam keberagaman budaya dan keanekaragaman hayati, tetapi juga menggambarkan karakter masyarakat yang tidak mudah menyerah serta mampu beradaptasi dan mempelajari hal baru.

“Kampanye #SerunyaIndonesia bertujuan untuk merayakan itu semua. TikTok ingin memberikan apresiasi kepada komunitas TikTok dan masyarakat karena tidak pernah menyerah. Dalam keadaan sulit, komunitas TikTok dan masyarakat justru bisa bersatu untuk bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” imbuhnya.

#SerunyaIndonesia Festival dimeriahkan dengan berbagai lomba khas Agustusan yang diikuti oleh kreator TikTok. Kompas.com #SerunyaIndonesia Festival dimeriahkan dengan berbagai lomba khas Agustusan yang diikuti oleh kreator TikTok.

Terdapat enam program yang dihadirkan TikTok melalui kampanye #SerunyaIndonesia. Pertama, Jelajah #SerunyaIndonesia yang digelar bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Tiket.com.

Melalui program ini, TikTok bersama empat kreator konten, yaitu Canny Claudia, Firly Adhyatma Rusli, Melani Amelia, dan Nanda Setya Pratama Juanda, melakukan live streaming di 77 destinasi wisata selama 77 jam.

Kedua, ada #SerunyaIndonesia On The Road untuk memberdayakan komunitas kreator TikTok yang diselenggarakan di tiga kota, yaitu Surabaya, Denpasar, dan Medan.

Baca juga: Sambut HUT Ke-77 RI, TikTok Gelar TikTok Shop For Your Fashion Khusus untuk Brand Fesyen Lokal

Ketiga, TikTok Shop “For Your Fashion” yang menampilkan jenama lokal dalam pameran yang digelar secara online dan offline di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, mulai Kamis (11/8/2022) hingga Minggu (21/8/2022).

“Program ini adalah perwujudan dukungan TikTok untuk terus memajukan merek fesyen lokal sebagai salah satu tulang punggung ekonomi kreatif Indonesia,” ucap Mahwari.

Keempat, ada program #MajuBarengTikTok yang merupakan program pemberdayaan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang diselenggarakan secara gratis dengan metode online dan offline selama satu tahun.

Baca juga: Menurut Survei, Remaja Lebih Suka Nonton YouTube Dibanding TikTok

Kelima, peluncuran buku panduan bertajuk Local Beauty Brand Playbook pada Jumat (26/8/2022). Buku tersebut dihadirkan untuk membantu local beauty brand dalam memanfaatkan ekosistem TikTok untuk memajukan kegiatan bisnisnya.

Keenam, gelaran #SerunyaIndonesia Festival yang dikemas dalam bentuk festival seni Indonesia. Program kolaborasi TikTok dengan komunitas TikTok ini bertujuan untuk merayakan keragaman budaya Indonesia.

“Program #SerunyaIndonesia Festival dilaksanakan sebagai bentuk dukungan dan perwujudan rasa cinta komunitas TikTok kepada Indonesia. Sebab, kami percaya bahwa kebinekaan jadi salah satu kunci agar Indonesia dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ucapnya.

Baca juga: 5 Lomba 17 Agustusan Seru dan Hemat Biaya, Cocok Digelar di Berbagai Daerah Tanah Air

Puncak acara tersebut, lanjut Mahwari, berhasil membuat kampanye #SerunyaIndonesia makin meriah dengan kegiatan fashion show, mural pada badan mobil, dan penciptaan lagu mars berjudul "Serunya Indonesia".

Suasana perlombaan #SerunyaIndonesia Festival yang diikuit oleh kreator TikTokKompas.com Suasana perlombaan #SerunyaIndonesia Festival yang diikuit oleh kreator TikTok

“Saya berharap kampanye #SerunyaIndonesia dan festival ini bisa memberikan kebahagiaan dan menginspirasi banyak pihak. Semoga semangat dan keseruan acara ini bisa dirasakan semua yang datang dan juga masyarakat yang menyaksikan lewat live streaming,” tutup Mahwari.

Ajang silaturahmi dan kolaborasi para kreator TikTok

Selain menjadi ajang untuk memeriahkan HUT ke-77 RI dengan berbagai lomba, #SerunyaIndonesia Festival juga menjadi kesempatan bagi ratusan kreator TikTok yang diundang dalam program tersebut untuk saling bersilaturahmi.

Salah satu kreator konten TikTok yang hadir, Shania Leonardo, mengaku sangat antusias dapat bertemu dengan banyak kreator konten TikTok lain yang selama ini hanya ia kenal secara online.

Baca juga: TikToker Bikin Gaun Silver Balenciaga, Terbuat dari Aluminium Foil

"Kami senang bisa ikut berpartisipasi dalam lomba-lomba yang diadakan. Namun, hal terpenting, kami bisa bersilaturahmi langsung, menjalin relasi, dan mendapatkan kesempatan berkolaborasi," kata Shania.

Area yang dipakai untuk lomba pada acara #SerunyaIndonesia Festival. Kompas.com Area yang dipakai untuk lomba pada acara #SerunyaIndonesia Festival.

Salah satu bentuk kolaborasi para kreator konten ditunjukkan melalui pembuatan lagu tema #SerunyaIndonesia. Lagu yang dirilis pada Senin (15/8/2022) tersebut dibuat oleh empat kreator konten segmen musik, yaitu Abram A Lembono, Tiffani Afifa, Billy Setiawan Sanjaya, dan Pieter Anroputra.

"Pengerjaan lagu cukup singkat, sekitar dua minggu. Semua dikerjakan secara virtual. Kami berharap, lagu ini dapat dinikmati banyak orang dan menumbuhkan kecintaan untuk Indonesia," kata Tiffani.

Kemudian, #SerunyaIndonesia Festival turut memamerkan karya dari kreator konten TikTok segmen fesyen, Christie Basil, dengan menggelar peragaan busana atau fashion show.

Baca juga: Meriahkan HUT Ke-77 RI, Warga Gelar Fashion Show di Tengah Sawah

Christie merancang lebih dari 77 gaun cantik bertema Red and White Collection yang ia kerjakan dalam waktu tiga bulan. Gaun-gaun tersebut didesain dengan konsep padu padan warna khas TikTok, ciri khas brand miliknya, dan HUT ke-77 RI.

“Pesan yang ingin disampaikan adalah agar kita menemukan rasa nyaman dan cantik dengan diri sendiri tanpa memedulikan bentuk, warna, dan ukuran. Karya saya ingin menggambarkan keberagaman,” ujar Christie.

Kolaborasi para kreator TikTok pada kegiatan fashion show tersebut dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai rekor Peragaan Busana oleh Konten Kreator Terbanyak.

Sementara, untuk kegiatan mural di #SerunyaIndonesia Festival, kreator TikTok sekaligus seniman Eva Alicia berhasil menyedot perhatian dengan membuat mural 17 wajah pahlawan Indonesia pada badan mobil. Seluruh mural tersebut dikerjakan dalam waktu 19 hari.

Baca juga: Beri Ruang Anak Muda Berkreasi, Walkot Bobby Izinkan Pegiat Kreatif Mural Mobil Dinasnya

"Dari dulu, aku selalu ingin membuat karya yang bisa dibawa ke berkeliling. Itulah alasan kenapa memilih mobil sebagai media untuk melukis kali ini," ujar Eva.

Eva Alicia menggambar 17 wajah pahlawan nasional di atas mobil dalam #SerunyaIndonesia Festival dan memecahkan rekor MURI. Kompas.com Eva Alicia menggambar 17 wajah pahlawan nasional di atas mobil dalam #SerunyaIndonesia Festival dan memecahkan rekor MURI.

Dia menyebut bahwa 17 pahlawan Indonesia yang dilukis merupakan rekomendasi dari followers-nya di TikTok. Meskipun sudah berpengalaman melukis dengan berbagai media yang tidak biasa, Eva mengakui bahwa proses melukis di badan mobil tidak mudah.

Namun, motivasi dari sesama kreator konten dan followers-nya di TikTok membuat Eva berhasil menyelesaikannya dengan apik. Kerja keras dan kreativitasnya itu pun dicatat oleh MURI sebagai rekor 17 Wajah Pahlawan Nasional pada Sebuah Mobil.

"Melukis di mobil menghadirkan tantangan tersendiri dalam mengerjakannya karena teknik dan medianya juga berbeda. Ini pengalaman baru juga untuk aku. Aku senang karena TikTok mengapresiasi kreator untuk mengembangkan kemampuan," ucap Eva.

Gelaran #SerunyaIndonesia Festival turut dimeriahkan oleh grup musik legendaris Slank. Seluruh personel Slank menjadi peserta dalam lomba cerdas cermat, game interaktif, dan estafet sarung melawan tim kreator konten yang dipimpin Jerome Polin dan tim TikTok All Star.

Baca juga: Peragaan Busana hingga Slank Tutup Jelajah #SerunyaIndonesia

Di acara ini, Slank juga membawakan lagu kolaborasi mereka dengan TikTok berjudul Mars #SerunyaIndonesia.

"Seru sekali acara #SerunyaIndonesia Festival. Ini acara Agustusan anak-anak milenial. Sesuai dengan kampanyenya, keseruannya yang kami mau," kata drummer Slank, Bimbim.

Usai mengikuti perlombaan, Slank memberikan penampilan terbaiknya di atas panggung dengan membawakan lagu-lagu hit mereka, seperti "Ku Tak Bisa", "Virus", dan "Balikin".

Penampilan Slank membawakan lagu-lagu hit dalam acara puncak #SerunyaIndonesia Festival. Kompas.com Penampilan Slank membawakan lagu-lagu hit dalam acara puncak #SerunyaIndonesia Festival.

Meski kebanyakan kreator TikTok adalah generasi milenial, lagu-lagu Slank tetap dapat mereka nikmati. Melihat hal tersebut, Bimbim memandang Slank dapat menjadi penghubung bagi dua generasi yang berbeda.

"Ini bukti bahwa Slank bisa dinikmati semua kalangan. Slank adalah 'jembatan' untuk menghubungkan generasi lama dan baru. Kami ingin menggunakan musik untuk masuk ke seluruh generasi dan membuka kesempatan kolaborasi," ujarnya.

Baca juga: Jawaban Tak Terduga Anak Bimbim Saat Ditanya soal Lagu Slank

Sebagai informasi, Slank pun turut berpartisipasi dalam pembuatan mars "Serunya Indonesia". Menurut gitaris Slank, Abdee, TikTok merupakan platform yang punya potensi besar bagi para kreator, termasuk musisi, untuk mengembangkan kreativitasnya dan mendapatkan audiens yang lebih luas.

Slank menikmati #SerunyaIndonesia Festival dan berencana melakukan kolaborasi dengan komunitas TikTok dalam penggarapan album baru mereka.Kompas.com Slank menikmati #SerunyaIndonesia Festival dan berencana melakukan kolaborasi dengan komunitas TikTok dalam penggarapan album baru mereka.

Menyadari potensi tersebut, vokalis Slank, Kaka mengungkapkan bahwa Slank berencana melibatkan komunitas TikTok dalam penggarapan album baru mereka. Komunitas TikTok akan dilibatkan mulai dari proses produksi hingga distribusi lagu.

Baca juga: Slank Hadirkan Slankops hingga Aksi Duet Bareng Erick Thohir

“Dulu, media dalam memperkenalkan musik biasanya lewat televisi atau radio. Sekarang, platform digital merupakan media yang tepat untuk menyampaikan pesan dari lagu-lagu Slank karena cakupan audiensnya sangat luas," tutur Kaka.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.