Kompas.com - 23/08/2022, 15:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Black ocean adalah aksi yang dilakukan Kpopers ketika ada festival musik atau konser yang dihadiri lebih dari satu grup Kpop.

Aksi ini berasal dari suatu fandom (kelompok penggemar) grup tertentu yang sengaja mematikan lightstick mereka saat grup lain yang bukan idolanya tampil.

Dengan tidak adanya cahaya maka kumpulan penonton akan terlihat gelap gulita, memunculkan kesan penampilan grup idola tersebut tidak semarak.

Aksi ini menandakan fandom tersebut tidak menyukai atau tidak menganggap adanya kehadiran grup yang sedang manggung.

Tampaknya kurang terpujinya, ya.

Baca juga: Arti Face of The Group dalam Kpop, Berbeda dengan Visual

Korban

Kejadian black ocean ini biasanya dialami grup rookie (yang baru debut), grup yang kontroversial akibat skandal, atau karena tindakan agensi bahkan fansnya yang dianggap tidak etis.

Yang pernah merasakan black ocean tidak hanya grup dengan jumlah penggemar yang sedikit alias kurang terkenal.

Namun, banyak juga grup yang kini hit pernah menjadi korban black ocean di masa lalu.

Penonton yang menyaksikan MAMA 2015 mematikan lightstik atau dikenal dengan aksi Black Ocean saat SEVENTEEN di MAMA 2015Koreaboo Penonton yang menyaksikan MAMA 2015 mematikan lightstik atau dikenal dengan aksi Black Ocean saat SEVENTEEN di MAMA 2015

Salah satu insiden terkenal menimpa SNSD saat Dream Concert 2008, konser gabungan yang digelar oleh Korea Entertainment Producer's Association (KEPA) setiap tahunnya sejak 1995.

SNSD kala itu baru setahun debut. YoonA dkk dianggap terlalu dekat dengan idol pria dari SM Entertainment, Super Junior yang saat itu memang tengah naik daun dan punya banyak fans.

Halaman:
Sumber Koreaboo
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.