Kompas.com - 27/08/2022, 15:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Istilah open mic menjadi buah bibir setelah komunitas komika di Indonesia mengajukan gugatan pembatalan merek Open Mic Indonesia.

Sebagai informasi, Open Mic Indonesia terdaftar di Pengkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) sejak 2013 atas nama Ramon Pratomo atau Ramon Papana.

Open mic merupakan istilah yang umum digunakan di dunia hiburan, termasuk musik dan komedi.

Menurut Cambridge Dictionary, open mic merupakan sebuah acara di mana seseorang menceritakan tentang lelucon, membaca puisi, bernyanyi, dan lain-lain di atas panggung.

Saat ini istilah open mic lebih sering digunakan di kalangan stand up comedian atau komika.

Di dunia stand up comedy, open mic merupakan ajang bagi komika menunjukkan kemampuan atau menguji kelayakan materi di hadapan penonton.

Kebanyakan komika juga melakukan open mic untuk menguji materi sebelum dibawakan di panggung besar dalam rangka tur atau special show.

Acara open mic memberi kesempatan kepada seorang stand up comedian atau komika baru untuk menjajal ataupun mengasah kemampuan.

Mereka bisa menyampaikan materi komedi di hadapan penonton yang bisa langsung memberi respons.

Pada Kamis (25/8/2022), sejumlah tokoh stand comedy Indonesia seperti Pandji Pragiwaksono, Ernest Prakasa, Adjis Doaibu, dan beberapa orang lain mengajukan gugatan untuk membatalkan penggunaan istilah open mic sebagai merek dagang.

Gugatan tersebut dimasukkan ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.