Kompas.com - 30/09/2022, 16:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Alat musik ritmis merupakan alat musik tak bernada tetapi menghasilkan berbagai jenis irama, sebagaimana penjelasan dalam buku Seni Budaya dan Keterampilan (2007).

Alat musik ritmis adalah alat musik pengiring sehingga untuk menjadi sebuah lagu sempurna perlu ada bunyi alat musik melodis seperti piano atau suling bambu.

Fungsi

Alat musik ritmis memiliki fungsi untuk menentukan tempo, mengiringi lagu, penentu bagian dalam komposisi lagu, penyelaras koreografi dalam tarian, melengkapi bunyi instrumen lain.

Contoh

Contoh alat musik ritmis adalah gendang, drum, tamborin, simbal, triangle, kastansyet, tifa, gandrang, marakas, gong, cajon, dan jimbe.

Cara memainkan

Alat musik ritmis dimainkan dengan cara dipukul, ditabuh, atau bisa juga digoyangkan.

Memainkan alat musik ritmis harus memperhatikan pola irama. Pola irama diketahui dari tanda birama, misalnya birama 2/4, 3/4, dan 6/8.

Alat musik ritmis bukan alat musik utama dalam sebuah pertunjukan. Namun alangkah lebih baik jika ada dan dapat mengatur tempo lagu.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.