Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Rambut Kaneki Ken Berubah Putih di Tokyo Ghoul?

Kompas.com - 01/11/2023, 19:11 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tokyo Ghoul menceritakan kisah Kaneki Ken, seorang mahasiswa di Tokyo yang berubah menjadi monster pemakan daging manusia bernama Ghoul.

Mulanya, rambut Kaneki Ken Berwarna hitam semasa awal perubahannya sebagai Ghoul.

Namun sesaat ia mulai disiksa oleh Yakumo Oomori (Jason) dalam Ark Aogiri, rambut yang dimiliki tokoh utama itu berubah menjadi putih seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Sinopsis Tokyo Ghoul, Kisah Ken Kaneki yang Jadi Setengah Ghoul

Dalam manganya sendiri, perubahan rambut Kaneki mengalami perubahan yang lambat, tak seperti anime di mana rambut Kaneki langsung berubah di salah satu scene.

Manga Tokyo Ghoul menceritakan perubahan yang bertahap bagi rambut Kaneki, terlebih lagi seiring memburuknya kesehatan mental yang dimilikinya berkat siksaan yang diberikan Jason.

Ternyata, kondisi Kaneki tersebut juga dapat dilihat di dunia nyata. Perubahan warna rambut menjadi putih itu kerap dinamakan sebagai sindrom Marie Antoinette, membuat rambut para penderitanya menjadi putih dalam semalam karena tingkat stres yang ekstrem.

Baca juga: Kumpulan Fakta Menarik Ken Kaneki Protagonis dari Serial Anime Tokyo Ghoul

Kondisi khusus ini juga disebut sebagai Canities subita dalam dunia medis, memengaruhi semua rambut berpigmen dan hanya menyisakan rambut putih sebagai hasil dari rasa stres yang tinggi.

Tak hanya rasa stres, perubahan rambut Kaneki itu juga memiliki penafsirannya sendiri. Jika melihat dari cerita Tokyo Ghoul, perubahan tersebut ditafsirkan sebagai penerimaan Kaneki sepenuhnya terhadap tubuh Ghoul yang ia miliki.

Dalam animenya, terlihat jika Kaneki berupaya menolak Rize sesaat ia berusaha menyatu dengan tubuhnya. Namun seiring berjalannya waktu, Kaneki mulai menerima Rize dan membiarkannya menyatu dengan tubuhnya.

Baca juga: Sinopsis Tokyo Ghoul S, Tayang Hari Ini di Catchplay+

Ia menyadari jika dunia bisa saja dipenuhi oleh orang-orang kejam seperti Jason, dan Kaneki menyadari jika pemikiran idealisnya tidak dapat menyelamatkan teman-temannya dari hal itu.

Berkat penerimaan Kaneki, rambut yang semulanya berwarna hitam mulai berubah menjadi putih. Perubahan itu menjadikannya sebagai seorang Ghoul sepenuhnya, memberikan Kaneki berbagai peningkatan kekuatan yang dapat ia gunakan untuk mengalahkan Jason.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com