Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Jeremias Nyangoen, Sutradara Film Women From Rote Island

Kompas.com - 15/11/2023, 18:29 WIB
Sania Mashabi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeremias Nyangoen adalah sutradara asal Indonesia yang mengawali kariernya sebagai aktor di dunia film tepatnya pada 1998.

Jeremias memulai kariernya sebagai aktor lewat film bergenre drama komedi hitam berjudul Kuldesak karya sutradara Riri Riza, Nan Achnas, Mira Lesmana, dan Rizal Mantovani.

Film tersebut dibintangi oleh Oppie Andaresta, Bianca Adinegoro, Ryan Hidayat, Wong Aksan, dan artis pendukung lainnya seperti Tio Pakusadewo.

Baca juga: Kapan Film Women From Rote Island Diputar di Bioskop?

Kemudian Sophia Latjuba, Bucek Depp, Unique Priscilla, Torro Margens dan Dik Doank.

Setelah itu, Jeremias bermain dalam film Beth pada  2002 dan film yang berdasarkan kisah nyata terdakwa kasus pembuhunan dan kanibalisme berjudul Sumanto.

Pada film Sumanto, Jeremias terpilih menjadi pemeran utama sebagai Sumanto. Ia juga beradu peran dengan Farach Diana, Aty Cancer Zein, Sujiwo Tejo, Della Puspita, Anna Tairas, Chandra Louis, Akbar, Citra Gema, dan M. Tompoh.

Karena film tersebut nama Jeremias mulai semakin dikenal.

Baca juga: Film Women From Rote Island Borong 4 Piala Citra FFI 2023

Jadi penulis skenario

Selain menjadi aktor, Jeremias juga menjajal peruntungannya menjadi penulis skenario untuk film Sang Dewi yang dirilis pada 2007.

Pada film itu Jeremias menulis skenario bersama tiga orang lainnya  yakni Dwi Ilalang, Republik Tebe, dan Masree Ruliat.

Jeremias juga menulis skenario untuk beberapa film lainnya seperti Denias, Senandung Di Atas Awan dan Rumah Merah Putih.

Pada film Denias, Senandung di Atas Awan, Jeremias bersama Masree Ruliat, Monty Tiwa dan John de Rantau berhasil meraih piala citra untuk nominasi Penulis Skenario Asli Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2006.

Baca juga: Sinopsis Women From Rote Island, Kisah Pilu Korban Kekerasan Seksual

Jeremias juga terlibat dalam pembuatan film berlatar Indonesia Timur lainnya seperti Atambua 39 Derajat Celcius pada 2012 dan Di Timur Matahari juga pada tahun 2012.

Debut jadi sutradara

Tak puas menjadi aktor dan penulis skenario, Jeremias juga mencoba peruntungannya sebagai sutradara dan penulis skenario dalam film Women From Rote Island.

Dari film tersebut, Jeremias berhasil mendapatkan piala citra sebagai Sutradara dan Penulis Skenario Asli Terbaik di FFI 2023.

Women From Rote Island juga berhasil meraih penghargaan Film Terbaik dan Sinematografi Terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com