Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinopsis Steins;Gate, Anime Bergenre Time Travel yang Wajib Ditonton

Kompas.com - 27/11/2023, 18:11 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.comSteins;Gate merupakan serial anime populer yang pertama kali dikeluarkan pada 2011 lalu.

Anime ini diangkat berdasarkan novel visual dengan nama yang sama, dikembangkan oleh 5pb dan Nitroplus pada 15 Oktober 2009.

Meski alur cerita yang dimiliki anime ini cukup berat untuk diikuti, tetapi Steins;Gate dapat dikategorikan sebagai salah satu anime terbaik hingga saat ini.

Baca juga: AKIRA, Anime Ikonik 1990-an yang Layak Ditonton Ulang

Serial tersebut menduduki posisi ketiga dalam “Top Anime Series” dalam laman My Anime List (MAL), dengan persentase skor sebesar 9.07 dan pengikut sebanyak 2.502.893 anggota.

Jika melihat dari ceritanya, Steins;Gate mengikuti kisah sang karakter utama bernama Okabe Rintarou.

Mulanya, Okabe merupakan seorang ilmuwan gila yang terobsesi dalam menciptakan berbagai alat-alat aneh di laboratorium pribadinya.

Baca juga: Apakah Anime dan Kartun Sama? Berikut Penjelasannya

Kehidupannya itu seketika berubah saat Okabe mengikuti sebuah konferensi perjalanan waktu yang dihadiri oleh ilmuwan-ilmuwan terkenal di seluruh dunia.

Saat ia menghadiri acara itu, Okabe menyaksikan kematian mengenaskan dari Makise Kurisu, seorang wanita yang menjadi pembicara utama dalam konferensi tersebut.

Namun tanpa sadar, salah satu alat aneh yang diciptakan oleh Okabe berupa “Microwave Telepon” memungkinkannya dalam menjelajahi berbagai garis waktu yang ada.

Berkat ditemukannya mesin waktu tersebut, kejadian itu membawa Okabe menuju berbagai persoalan rumit di kemudian hari.

Baca juga: Setelah 10 Tahun, Anime Attack on Titan Dinyatakan Tamat

Alat ciptaannya itu membuat Okabe terjerumus dalam berbagai time loop yang tak terelakkan, di mana ia menemukan Makise Kurisu masih hidup di garis waktu lainnya.

Akan tetapi untuk menyelamatkan salah satu nyawa yang diinginkannya, Okabe harus menerima konsekuensi jika ia harus kehilangan lebih banyak nyawa di garis waktu yang lain.

Belum lagi, alat ciptaan Okabe mengundang sebuah organisasi rahasia bernama SERN yang terus memburu dan mengancam nyawanya.

Karena hal itu, kini Okabe Rintarou berusaha menyelamatkan semua rekan-rekannya dari maut secara satu persatu dengan mesin waktu buatannya itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com