Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Rumah Karya Sjuman Pentaskan Balet Kontemporer “The Birds” di Graha Bakti Budaya TIM

Kompas.com - 01/12/2023, 18:11 WIB
Aningtias Jatmika,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Rumah Karya Sjuman bekerja sama dengan PT Jakarta Propertindo (Perseroda) serta didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristek) menggelar pementasan balet kontemporer The Birds.

Pementasan yang digelar untuk memperingati 25 Tahun Kreativität Dance Indonesia itu dihelat di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta, hari ini, Jumat (1/12/2023) mulai pukul 20.00.

Untuk diketahui, Kreativität Dance Indonesia dibentuk pada 1998 oleh maestro balet Tanah Air, Farida Oetoyo.

Semula, pendirian grup tari tersebut ditujukan untuk mewadahi penari-penari lulusan Sekolah Ballet Sumber Cipta yang didirikan dan dikelola Farida Oetoyo.

Hingga kini, Kreativität Dance Indonesia menjadi ruang bagi koreografer, penari, pekerja panggung, dan pengelola seni pertunjukan untuk menimba pengalaman, berbagi ilmu, dan mewujudkan cita-cita.

The Birds sendiri merupakan karya musik yang diciptakan oleh Indra Lesmana dan Aksan Sjuman pada 2001 untuk melengkapi koreografi yang dibuat oleh Farida Oetoyo. Adapun Aksan merupakan anak dari Farida Oetoyo dan sutradara legendaris Sjuman Djaja.

Pada konferensi pers yang diadakan di Teater Wahyu Sihombing, TIM, pada Jumat (24/11/2023), Aksan yang juga bertindak sebagai Artistic Director Kreativität Dance Indonesia menceritakan, koreografi The Birds terinspirasi kala Farida melihat seekor burung di pekarangan rumah.

“Ibu saya teringat bagaimana burung sering ditembak pemburu. Ketika tertembak, mereka jatuh dan sekarat di atas perairan. Tapi, gerakan sekarat ini justru membuat pemburu menyesal karena si burung akhirnya mati,” tutur Aksan.

Aksan menjeskan, pementasan kali ini akan berbeda dengan pementasan yang dihadirkan Farida pada 2001.

“Ada sedikit aransemen tanpa meninggalkan format lama,” ucap dia.

Sementara, Pengarah Artistik Ballet Sumber Cipta Wenny Halim mengatakan bahwa pertunjukan tersebut akan melibatkan 26 penari. Salah satunya adalah Tanah Air, termasuk penari balet asal Filipina, John Balagot.

“Dari duklu, kami memang sering berkolaborasi dengan koreaografer luar (negeri). Tahun ini, kami menggandengan Ballet Manila untuk menghadirkan penari balet laki-laki. Di sini (Indonesia), mendapatkan penari balet profesional laki-laki itu sulit,” jelas Wenny.

Tiket pertunjukan The Birds bisa didapatkan secara online di Loket.com. Sementara, informasi lebih lengkap mengenai pertunjukan tersebut silakan kunjungi akun instagram @kreativitaetdance_indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com