Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ungu Korbankan Lagu-lagu Kalem

Kompas.com - 24/09/2013, 17:14 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Mendapat kesempatan tampil selama satu jam untuk menutup  Asyiiik Fest yang digelar di Lapangan Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu lalu (21/9/2013), band Ungu harus mengorbankan lagu-lagu kalem mereka demi menggoyang para penonton kota tersebut.

"Kami yang pasti ubah songlist biar lebih upbeat, jadi korbanin lagu slow," jelas Makki (bas) sebelum Ungu naik ke pentas Asyiiik Fest.

Menurut Makki, yang sekaligus mewakili Pasha (vokal), Onci (gitar), Enda (gitar), dan Rowman (drum), mengisi repertoar Ungu di Tasikmalaya dengan lagu-lagu upbeat itu sesuai dengan keperluan mereka mengenalkan single terkini Ungu, "Seperti Bintang".

"Yang pasti, mereka (penyelenggara Asyiiik Fest) minta something new. Kalau lagu baru, kebetulan kami punya 'Seperti Bintang'," ujar Makki.

"Seperti Bintang" merupakan lagu tema film seri superhero Bima. Untuk single tersebut, Ungu mengadaptasi distorsi musik Japanese rock (J-rock) menjadi napas lagu itu. "Ini dibikin untuk seri Bima, yang temanya jagoan superhero, yang napasnya sama seperti lagu-lagu untuk Ksatria Baja Hitam. Kami dipesan yang sedikit J-rock dan kebetulan gue suka dengan irama musik Jepang yang lebih semangat," papar Onci, yang mencipta musik dan lirik "Seperti Bintang".

Hasilnya, dengan repertoar yang bermuatan "Hampa Hatiku", "I Need You", "Sejauh Mungkin", "Cinta dalam Hati", "Cinta Gila", "Dia Maha Sempurna", "Seperti Bintang", "Bayang Semu", "Sayang", dan "Ciuman Pertama", Ungu mampu menggoyang para penonton Asyiiik Fest.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com