Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Minggu di Tasikmalaya dengan Vicky Sianipar dan Babenjo

Kompas.com - 23/09/2013, 11:13 WIB
Irfan Maullana

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com -- Sabtu lalu (21/9/2013), sebuah pergelaran musik bernama Asyiiik Fest diselenggarakan untuk menghangatkan suasana kebersamaan para penonton berusia 18 tahun ke atas di kota Tasikmalaya, Jawa Barat, yang sedang berudara sejuk.

"Kami menyadari, di masyarakat Indonesia, tradisi ringannya itu adalah kebersamaan seperti di Tasik ini," kata Manager Relation Sampoerna Tbk, Utari Obon, dalam jumpa pers di tempat diadakannya Asyiiik Fest, Lapangan Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, Sabtu lalu, mewakili pihak produsen Kretek Sampoerna, penyelenggara pergelaran tersebut.

Pemusik Vicky Sianipar mendapat tugas meracik musik modern dengan musik tradisional untuk menyedot para warga di kota bersebutan Kota Santri itu dan sekitarnya untuk menonton suguhan Asyiiik Fest. "Kami selalu mengolaborasikan sesuatu yang modern dengan yang tradiosional. Kami mengadaptasi lagu-lagu lokal dengan musik kontemporer. Nanti akan dikolaborasikan oleh Vicky Sianipar," jelas Utari.

Agar lebih asyik, Vicky, yang terbiasa bermain dengan world music, ditantang untuk bisa memadukan musiknya dengan permainan angklung dan tabuhan kendang dari Babenjo, grup musik tradisional asal Tasikmalaya, untuk mengawal Candil dan Citra Scholastika menyanyi.

"Challenge yang kami berikan ke Bang Vicky, kami ingin dia meramu musik yang asyik. Menurut dia, musik yang asyik itu musik yang bisa buat goyang sama-sama. Memang di beberapa kota Bang Vicky biasa bekerja sama dengan komunitas lokal. Untuk di Tasik ini, Bang Babenjo," terang Utari.

Asyiiik Fest, yang sebelumnya juga digelar di kota-kota Sambas (18/5/2013), Mojokerto (8/6/2013), Tegal (22/6/2013), dan Lampung (7/9/2013), diramaikan pula dengan sajian-sajian asyik lainnya, seperti kompetisi estafet berkelompok dan kuliner khas Tasikmalaya di pojok arena Kuliner Asyiiik sejak siang hari.

"Kegiatannya cukup ramai, seru, dan asyik banget, banyak perlombaan seperti bakiak, halang rintang. Kalau kita lihat, pesertanya asyik banget, sampai ada yang jatuh. Dan, ada jajanan khas Tasik, kami bekerja sama dengan timnya Pak Bondan Winarno," papar Utari.

Dijadwalkan, setelah diadakan di Tasikmalaya, Asyiiik Fest akan digelar di Depok, Jawa Barat, pada 5 Oktober 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com