Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bollywood Tak Kreatif, Kata Bintang Slumdog Millionaire

Kompas.com - 30/09/2013, 20:47 WIB
LONDON, KOMPAS.com -- Aktor Bollywood yang berperan dalam film Slumdog Millionaire, Irrfan Khan, mengkritik industri film India, Bollywood. Menurutnya, Bollywood telah kehilangan kreativitas.

"Saya rasa lagu-lagu telah digunakan dengan cara yang tidak imajinatif," katanya dalam program BBC, Asian Network.

"Pada masa 50-an dan 60-an, kami punya bahasa unik tersendiri dan lagu-lagu sangat imajinatif sehingga menjadi kekuatan dari sebuah film," sambungnya. "Kini kami telah merasa puas dan lagu menjadi semacam beban," katanya lagi. "Itulah mengapa, menonton dari negara-negara barat tidak merasa terhubung," tambahnya. "Tidak ada kredibilitas," tekannya.

Khan telah bermain dalam lebih dari 100 film, termasuk dalam film-film hit Bollywood. Sementara itu, film-film berbahasa Inggris yang ia bintangi termasuk, antara lain, Life Of Pi dan The Amazing Spider-man.

Menghindari film ringan
Ia berbicara kepada presenter BBC Asia Network, Bobby Friction, dalam perayaan ke-100 pemutaran film perdana di gedung bioskop India, film Raja Harishchandra. Film tersebut secara luas diakui sebagai film bisu pertama yang diputar di gedung bioskop India dan dirilis pada 3 Mei 1913.

Aktor berusia 46 tahun ini, yang juga membintangi versi Hindi dari Macbeth, mengatakan bahwa sepanjang kariernya ia telah mencoba menghindari film kacangan.

"Ada film yang seperti one night stand: Anda dimanjakan dan Anda lupa. Saya tidak begitu menikmati film-film macam itu," kata Khan.

"Saya mencoba bermain dalam film yang meninggalkan dampak, yang berbicara kepada Anda, dan yang terus datang kembali kepada Anda setelah Anda melihat mereka, saya lebih memilih film yang memiliki hubungan panjang," tuturnya lagi.

Khan terakhir bermain dalam film Lunchbox. Dalam film itu ia berperan sebagai seorang akuntan kesepian dan tanpa sengaja memakan isi kotak makan siang yang ditujukan untuk rekan kerjanya. Film ini menjadi satu-satunya film India yang mengikuti kompetisi London Film Festival 2013, bulan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com