Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Novel "Laskar Pelangi" Menang di New York Book Festival

Kompas.com - 22/10/2013, 10:21 WIB


KOMPAS.com
 — Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata terus menapak sejarah sastra Indonesia. Novel yang dalam edisi Amerika Serikat berjudul The Rainbow Troops itu menjadi pemenang pertama untuk kategori general fiction pada festival buku yang sangat bergengsi, yaitu New York Book Festival 2013.

Karya Andrea itu, antara lain, mengungguli penulis AS Samuel Finlay dengan karya berjudul Breakfast with The Dirt Cult di tempat kedua, serta 20 penulis yang mendapat penghargaan dalam kategori general fiction ini.

Andrea sendiri kini berada di Italia untuk menghadiri peluncuran novel Laskar Pelangi edisi Italia yang berjudul La Scuola Ai Confini Del Mondo yang diterbitkan Rizzoli. ”Alhamdulillah bulan ini Laskar Pelangi edisi Italia, Jerman, Portugal, dan Jepang telah terbit dan tersedia di toko-toko buku negara tersebut,” ujar Andrea, yang juga diundang menghadiri Frankfurt Book Fair 2013.

Menurut rencana, bulan depan Laskar Pelangi edisi Perancis dan Bulgaria akan diterbitkan oleh penerbit Mercure de France dan penerbit Hermes.

”Mimpi lamaku agar novelku dapat diterbitkan oleh penerbit-penerbit ternama kelas dunia, seperti Hanser Berlin, Rizzoli, dan Mercure de France, akhirnya tercapai. Rasanya senang melihat novelku dipajang di toko-toko buku di Eropa. Kuharap penulis-penulis muda Indonesia terinspirasi dan tertantang untuk meraih pembaca di seluruh dunia,” kata Andrea. (LOK)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com