Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokumenter Pengungsi Palestina Menangi Festival Film Yamagata

Kompas.com - 24/10/2013, 07:47 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber ANT, KYODO
YAMAGATA, KOMPAS.com - Film "A World Not Ours" sebuah film tentang pengungsi Palestina Mahdi Fleidel, memenangkan Grand Prize di divisi kompetisi internasional Festival Film Dokumenter Internasional Yamagata, Rabu (23/10/2013). Fleidel, kini tinggal di Denmark, dibesarkan di sebuah kamp pengungsi Palestina di Lebanon.

Fleidel mengatakan ini adalah penghargaan pertama yang dia diterima untuk satu produksi film. "A World Not Ours" merupakan kompilasi dari rekaman yang dia ambil setiap kali kembali ke kamp, menggambarkan penderitaan kehidupan di pengungsian.

Bersama "A World Not Ours" film "The Targetted Village" yang disutradari Chie Mikami, mendapatkan Citizen's Prize dan Directors Guild of Japan Award. Film ini bercerita tentang perjuangan orang desa Okinawa menentang kehadiran militer Amerika Serikat di prefektur tersebut.

Mikami adalah penyiar Ryukyu Asahi Broadcasting Corp di Prefektur Okinawa. Fillm ini dibuat berdasarkan produksi siaran televisi.

Festival khusus film dokumenter ini dibuka di Yamagata pada 10 Oktober 2013 dan menurut penyelenggara telah menarik sekitar 20.000 penonton. Acara tahunan tersebut ditutup Kamis (24/10/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANT, KYODO
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com