Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kin Jadi Vokalis-gitaris, Musik The Fly Disesuaikan

Kompas.com - 05/02/2014, 17:05 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Semenjak Bjah, yang bernama asli Muhammad Hamzah, keluar dari The Fly 2005, posisi vokalis band itu secara bergantian sempat diisi oleh Firman "Idol" dan Teddy. Namun, dalam perkembangannya, The Fly justru menunjuk gitaris mereka, Kin Aulia, untuk merangkap menjadi vokalis juga.

"Saya sekarang posisinya lead vocal. Pertanyaannya, kenapa setelah sekian lama? Kenapa enggak dari dulu saja sih?," kata Kin sekaligus mewakili Levy (bas) dan Adith (keyboard) dalam jumpa pers The Fly Sabotase I-Radio di Gedung Sarinah Lantai 8, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2014).

Diceritakan oleh Kin, sebelum publik mengenal Bjah sebagai vokalis The Fly, sebenarnya posisi vokalis sudah diisi dulu oleh Kin.

"Gue gitaris, sampai belajar ke Amerika. Karena saking cintanya sama The Fly, di Amerika gue selain belajar gitar juga berlajar vokal. Cuma, waktu itu gue bukan vokalis, posisi gue gitaris, yang bercita-cita bandnya jadi something, tapi gue punya teknik (vokal). Kalau masih ingat, 'Pelangi Semu' itu gue yang nyanyi, pas masih gue gondrong kurus," kisah Kin.

"Memang Bjah bisa nyanyi tapi tekniknya miskin. Dan, pas single 'Terbang', Bjah mulai muncul, tapi di bagian ref  'Terbang' itu suara gue," lanjutnya.

Setelah Kin menjadi vokalis-gitaris, bersama rekan-rekan segrupnya ia menyesuaikan musik The Fly dengan vokalnya.

"Sebenarnya range Bjah enggak terlalu jauh, gue sama Firman, gue sama Teddy juga enggak jauh. Ada penyesuaian warna musik, sekarang lebih rock n' roll, lebih nge-blues. Itulah roots-nya The Fly. Kami kembali lagi supaya anak baru (zaman sekarang) tahu rock aslinya The Fly. Gue balikin lagi identitas gue sebagai gitaris-vokalis," jelas Kin.

Warna asli The Fly ditonjolkan dalam lagu "Oh My God", yang merupakan garapan baru atas lagu "OMG", yang diklaim oleh Kin kurang suksesketika dinyanyikan oleh Teddy.

"Jadi 'Oh My God' ini dulu enggak sempat jadi single waktu sama (vokalis) Teddy," kata Kin. "Padahal, ini lagu andalan banget," timpal Adith. "Akhirnya gue aransemen ulang dengan nuansa rock n' roll, ada blues-nya juga, jadilah 'Oh My God', yang sedang kami promosikan sekarang," tambah Kin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com