Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Biru versi Paquita Wijaya

Kompas.com - 19/02/2014, 17:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi, pemain sinetron, dan sutradara Paquita Widjaja (43) tengah sibuk membesarkan Yayasan Indonesia Biru. Bersama lima teman yang punya keinginan yang sama, mereka ingin mewujudkan Indonesia yang "biru". Yayasan ini memang bergerak di bidang konservasi laut.

"Yayasan ini diketuai suami saya, Leo Rustandi, yang punya hobi menyelam dan mencintai kehidupan maritim," kata Paquita di rumahnya di kawasan Ragunan, beberapa waktu lalu.

Salah satu kegiatan yayasan tersebut adalah "menanam" kembali koral dan mengajarkan nelayan untuk menjaga dan memperbaiki koral yang rusak. Untuk mendanai semua kegiatan itu, Yayasan Indonesia Biru bakal menggelar festival seni budaya.

"Semua kegiatan ini menyenangkan," ujar Paquita, yang bersama suami dan ayahnya, pengusaha Johnny Widjaja (80), punya hobi menyelam.

"Saya sudah menyelam sejak umur 10 tahun," kata anak bungsu ini. Namun, belakangan ini dia semakin kecewa karena kondisi bawah laut di Indonesia umumnya semakin rusak.

Paquita kemudian menyebutkan salah satu contoh, yakni kehidupan bawah laut di Kepulauan Seribu. "Sekitar 30 tahun lalu, kondisi bawah laut di sana indah sekali, tetapi sekarang bisa dikatakan hancur," ujarnya.

Selain aktif di yayasan, bintang film Bulan Tertusuk Ilalang (1995) ini juga mengajar di Institut Kesenian Jakarta serta sibuk menggarap iklan televisi. (KSP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com