Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sawung Jabo: Popularitas Itu Hampa

Kompas.com - 26/04/2014, 16:59 WIB
Irfan Maullana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Lesunya lagu-lagu bertema sosial belakangan ini membuat artis musik senior Sawung Jabo angkat bicara. Menurut dia, musisi zaman sekarang tidak perlu takut untuk menyanyikan lagu seperti itu.

"Apalah gunanya berkesenian kalau enggak sesuai dengan kenyataannya. Negara ini bebas beropini, dan penyanyi enggak usah takut-takut, masalahnya bukan berani atau enggak. Daripada cuma berkata dalam hati," ujar Jabo dalam diskusi Musik Aspirasi Sakti, di Cowboys Resto & Bar, Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (24/4/2014).

Jabo juga menyoroti musisi zaman sekarang yang kebanyakan hanya mengejar popularitas. "Kalau sudah menjatuhkan pilihan itu harus dilakoni. Ya mungkin banyak yang ingin terkenal saja, padahal popularitas itu hampa," tutur Jabo.

"Harus bisa menginspirasi di lingkungan kita, orang terdekat kita. Sekarang mau enggak lagunya terkenal tapi tidak bermanfaat buat kehidupan? Kan lebih baik lagunya terkenal tapi bermanfaat," lanjutnya.

"Jangan lupa setiap lirik punya irama dan pesan sendiri, lagu bagus itu banyak tapi lagu baik sangat jarang," pesannya kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com