Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Denzel Washington Basmi Perdagangan Manusia

Kompas.com - 29/09/2014, 19:53 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Denzel Washington (59) dikenal sebagai aktor yang sangat memilih-milih peran. Bagi aktor kawakan ini, film tidak sekadar menghasilkan uang, tetapi juga menunjukkan sikap politik orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Tidak heran jika pemenang dua penghargaan Oscar ini akhirnya memilih ikut terlibat dalam film Equalizer arahan sutradara Antoine Fuqua. Di film ini, Washington berperan sebagai McCall, pekerja untuk alat-alat interior rumah di Home Mart yang terlibat dalam pemberantasan perdagangan manusia, yang diatur oleh bos Rusia.

Akting Washington mampu mengantarkan film ini menduduki tangga film terlaris (box office) dengan perolehan 35 juta dollar AS pada pekan pertama pemutaran. McCall adalah pegawai yang ramah dan sopan, tetapi ia bisa menjadi pembunuh tanpa harus memiliki senjata berat di tangan.

"Ia memiliki kemampuan sangat efisien. Apa pun di tangan bisa menjadi senjata mematikan," kata Washington, yang pernah menyabet gelar sebagai aktor pendukung terbaik dalam film Glory (1989), dan aktor terbaik di film Training Day (2001).

Di Equalizer, Washington kembali diarahkan oleh sutradara Antoine Fuqua yang pernah mengantarkannya meraih Oscar di Training Day. The Equalizer diadaptasi dari serial televisi berjudul sama yang pernah tayang pada tahun 1980-an.

Keterlibatan Washington dalam film-film yang menggugah rasa kemanusiaan membuat aktor ini banyak dianugerahi penghargaan dari National Association for the Advancement of Coloured People (NAACP). Organisasi yang didirikan pada tahun 1909 dan bergerak di bidang hak-hak sipil ini memberikan apresiasi kepada para sineas yang memperjuangkan hak-hak sipil melalui film. (Lusiana Indriasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com