Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robert Pattinson Hadapi Rasialisme

Kompas.com - 30/09/2014, 17:13 WIB
LONDON, KOMPAS.com -- Kabar media bahwa Robert Pattinson (28) menjalin hubungan dengan FKA twigs membuat aktor yang naik daun lewat film Twilight ini menghadapi hujatan bernada rasialisme. Hujatan tidak ditujukan langsung kepada Pattinson, tetapi dialamatkan kepada FKA yang bernama asli Tahliah Barnett.

FKA merupakan penyanyi Inggris berdarah campuran Spanyol-Jamaika. Melalui media sosial Twitter beberapa penggemar film Twilight yang juga mengagumi Pattinson masuk ke dalam akun Twitter FKA dan menghina penyanyi berumur 26 tahun itu dengan kalimat bernada rasialisme.

"Aku benar-benar terkejut dan muak dengan rasialisme yang dialamatkan ke akun pribadi saya selama beberapa minggu ini. Rasialisme sama sekali tidak bisa diterima, baik di dunia nyata maupun dunia maya," kata FKA, seperti dikutip People Magazine.

Penggemar berat Twilight rupanya tidak terima Pattinson, yang pernah menjalin hubungan dengan Kristen Stewart (pemeran wanita di Twilight), akhirnya berpacaran dengan FKA yang nonkulit putih.

Lontaran bernada rasialisme ini bukan pertama kali dialami Barnett. Sejak kecil, sebagai satu-satunya gadis yang terlahir dari ras campuran di sekolahnya, ia sering mendengar hal-hal mengerikan menyangkut perbedaan warna kulit.

"Separuh dari hidup yang aku jalani sangat tidak nyaman. Orang-orang menatapku karena mereka berpikir penampilanku konyol dan jelek. Namun, separuh bagian hidupku yang lain, aku dipertemukan dengan orang-orang yang melihatku menarik. Jadi, semuanya menjadi seimbang," kata Barnett.

Huffington Post menulis, FKA menjadi bulan-bulanan penggemar ekstrem yang tidak bisa menghadapi kenyataan bahwa era Robert Pattinson di Twilight sudah berakhir. Dalam kehidupan nyata, Pattinson sekarang tengah berusaha lepas dari sosok remaja Edward Cullen, si vampir ganteng di Twilight.

Film pertama Pattinson yang mampu membebaskan citra dirinya sebagai Edward Cullen adalah Bel Ami. Di film ini ia berperan sebagai jurnalis muda dan dewasa yang mampu membuat para perempuan paruh baya dari kalangan sosialita di Paris bertekuk lutut.

Pattinson dan FKA dikabarkan sering terlihat melewatkan waktu bersama pada saat senggang. Mereka terlihat bergandengan tangan ketika sedang jalan-jalan pada akhir pekan. (Lusiana Indriasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com