Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marzuki "Kill The DJ" Mohammad Menandai Peristiwa

Kompas.com - 04/11/2014, 19:04 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Marzuki Mohammad (38), penyanyi hip hop yang akrab disapa Kill The DJ, bersama grupnya, Jogja Hip Hop Foundation (JHF), terlibat dalam pementasan Semar Mendem yang akan digelar di Taman Ismail Marzuki, 7-8 November. Dalam sandiwara komedi itu, JHF akan membawakan 10 lagu.

Sebagai seniman, menurut Marzuki yang akrab disapa Juki, pementasan ini ingin menandai peristiwa saat ini, yaitu transisi kepemimpinan. Selain Juki, pencetus ide kreatif lainnya adalah Butet Kartaredjasa, Agus Noor, dan Bre Redana.

"Saat ini, banyak yang mengaku bijak, padahal sebenarnya tidak peduli rakyat kecil yang jadi korban. Tukang sate ditangkap karena posting di media sosial. Di sisi lain, lumpur Lapindo sudah delapan tahun enggak selesai," ungkap Juki.

Saat di Jakarta, Juki akan sekaligus mempromosikan album terbaru JHF. Album yang merupakan hasil kolaborasi dengan Sindhunata berjudul Semar Mesem Romo Mendem; The Book of Sindhunata. Album ini berisi 14 lagu JHF bersama Sindhunata sejak 2006 sampai 2013.

"Kalau dengan Romo Sindhunata, kami sudah kerja sama sejak tahun 2006 dan kami seperti menemukan chemistry yang tak bisa ditolak. Puisinya kami permak sehingga bisa jadi musik hip hop," ujar Juki.

Baru-baru ini, JHF juga baru saja meluncurkan buku terbaru, Java Beat in the Big Apple. Rapper agraris yang produktif. (SIE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com