Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marzuki "Kill The DJ" Mohamad Gelar "Gugur Gunung untuk Sinabung"

Kompas.com - 22/01/2014, 16:56 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Ada baiknya negara lamban karena membuat masyarakat mandiri bergerak dan makin berdaya. Erupsi Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara, sejak September 2013, misalnya. Muncul gerakan masyarakat di banyak tempat. Salah satunya adalah konser amal bertitel "Gugur Gunung untuk Sinabung" di Jogja Nasional Museum, Yogyakarta, Kamis (23/1/2014) besok.

"Gugur gunung dalam istilah Jawa berarti guyub rukun dan bahu-membahu untuk bergotong royong menyelesaikan masalah bersama," ujar Marzuki "Kill the DJ" Mohamad (37), pentolan Jogja Hiphop Foundation (JHF), salah satu inisiator konser.

Selain JHF, bergerak bersama mengambil inisiatif konser amal ini adalah Endank Soekamti dan Shaggydog. Untuk meluaskan gerakan dan kepedulian, Captain Jack dan FSTVLST diajak bergabung.

"Fans bukan hanya angka. Penting untuk mengedukasi fans dan bersama-sama dengan mereka melakukan gerakan sosial dan memilih turun tangan dengan mengambil peran," ujar Marzuki, yang juga terjun bertani.

Gugur gunung merupakan tema gerakan sosial musisi dengan konser amal di Yogyakarta saat erupsi Merapi (2010). Mendapati 26.000 warga sekitar Gunung Sinabung mengungsi dan minim perhatian, kegiatan serupa dibuat untuk membantu.

"Tim Gugur Gunung akan bergerak ke Sinabung, 31 Januari (2014)," ujar Marzuki. (INU)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com