JAKARTA, KOMPAS.com -- Aktor Roy Marten (62) sudah menjadi "bapak perfilman". Begitu seloroh rekannya tentang pria asal Salatiga, Jawa Tengah, yang kini sering berperan sebagai tokoh bapak. Roy saat ini tengah shooting sinetron Jakarta Love Story.

"Ya, pasti jadi bapak, to. Dadi wong sugih. Yen wong sugih sing main mesti aku. Ha-ha... (Jadi orang kaya. Kalau peran orang kaya yang main pasti aku)," kata Roy berseloroh.

"Pemain orang susah akeh (banyak)," tambah Roy yang memang suka bercanda.

Belakangan, Roy juga berperan sebagai bapak dalam film Sebelum Pagi Terulang Kembali arahan sutradara Lasja F Susatyo yang berkisah tentang keluarga dalam godaan korupsi. Tokoh tersebut menggoda saudaranya untuk tidak takut korupsi. Roy menginterpretasi sejumlah dialog dengan gayanya sendiri.

"Mobil ganti, dong. Kalau perlu tiap minggu ganti. Wong sugih, kok. Itu dialogku sendiri. Itu menjadi provokasi saudaranya untuk jadi koruptor," kata Roy yang hadir dalam bincang-bincang tentang rencana pembukaan Blitz Arthouse: Rumah Film Indonesia di Pacific Place, Jakarta, Rabu (21/1/2015) siang.

Roy menyambut gembira Blitz ArtHouse yang akan memberi ruang bagi film karya-karya sineas muda agar mendapat apresiasi yang luas dari khalayak penikmat film. (XAR)