Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenalkan, Penyanyi Dangdut dari Rusia, Alina Saraswati

Kompas.com - 10/04/2015, 13:20 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Musik dangdut ternyata tak hanya diminati warga Indonesia. Alina Salimgareeva (28) alias Alina Malina, atau Alina Saraswati, seorang model dan artis peran dari Rusia, bahkan rela mengembangkan profesinya menjadi penyanyi dangdut gara-gara tak tahan untuk bergoyang dan bernyanyi setiap kali mendengarkan musik dangdut.

"Saya suka dancing (joget). Saya suka dangdut. Kalau dengar dangdut kan bisa dancing," kata Alina dengan terbata-bata brbicara dalam bahasa Indonesia saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (9/4/2015).

Perempuan lulusan Bashkir Economic College of Law Rusia yang sudah menetap di Indonesia selama tiga tahun ini mengaku kali pertama tertarik dengan musik dangdut saat seorang temannya, Sonya, memutar musik tersebut di dalam mobil. "Nice," kata Alina singkat sambil berjoget.

Sonya yang kini menjadi manajer Alina, menawarkan bintang iklan produk helmet tersebut untuk mencoba berkarier sebagai penyanyi dangdut.

"Saya bilang why not. So, satu tahun lalu mulai nyanyi dangdut," kata Alina.

Alina mengatakan, dia memilih dangdut untuk mengembangkan kariernya di Indonesia yang karena menyukai hal-hal unik dan berbeda. Selama 10 tahun ini, dirinya telah menjajal profesi sebagai seorang model di Rusia, Turki, serta beberapa negara Eropa lainnya, dan sempat bermain dalam empat layar lebar di Indonesia. Akhirnya, pilihan karier Alina berikutnya jatuh pada aliran dangdut koplo dengan musik yang upbeat.

"Dari umur 18 tahun jadi model, jalan-jalan ke banyak negara. Saya mau yang berbeda. Saya Akuarius. Akurius itu mau menjadi unik, saya mau jadi penyanyi dangdut, tidak ada bule nyanyi dangdut. Saya pakai kebaya," ucap perempuan kelahiran 26 Januari 1987 tersebut.

Dalam watu setahun, Alina akhirnya melatih diri menyanyikan lagu-lagu dangdut Indonesia hingga dirinya rekaman single perdana "Pengen Kawin" yang akan dirilis pada 22 April 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com