Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balas Budi, Alasan Artis Korea Ini Memilih Bernyanyi Dangdut

Kompas.com - 03/10/2014, 09:21 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dari Korea Selatan, Woojong Hwang (30) atau lebih dikenal dengan nama panggung Ricky Ujung, mengaku cinta Indonesia berkat keramahan masyarakatnya. Pilihan musiknya pun dia sebut sebagai salah satu bentuk "balas budi" untuk Indonesia.

"Saya cinta Indonesia, orangnya ramah-ramah, dan saya pilih lagu dangdut yang memasyarakat. Saya pikir ini buat balas budi juga," kata Ricky dalam bahasa Indonesia saat berkunjung ke Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta, Kamis (2/10/2014).

"Selama ini orang Indonesia suka sama K-Pop dan K-Drama," tutur Ricky. "Sekarang saya menyanyi dangdut untuk menunjukkan ada orang Korea yang juga cinta Indonesia dan cinta dangdut."

Soal pilihan musiknya, Ricky bertutur, "Dulu saya nyanyi untuk diri saya sendiri, dan (sekarang) saya milih menyanyi untuk menghibur masyarakat, dengan dangdut," kata dia yang sejak SMA sudah senang menyanyi meski bergenre rock. "(Saya dulu) nyanyi rock di kafe, ikut audisi juga."

Ricky belajar dangdut

Internet -streaming dan YouTube- merupakan sumber pertama Ricky mengenal dan belajar menyanyikan lagu dangdut. "Saya lihat dangdut sangat menghibur masyarakat," kata dia.

Dari dunia maya itu, Ricky mengaku mengidolakan Rhoma Irama dan Meggy Z. "Saya suka lagu Bang Haji Rhoma yang 'Cuma Kamu', Meggy Z, 'Benang Biru', lama-lama saya dengar nyanyiannya, saya hafal," kata dia.

Single "Mama Papa" yang dinyanyikan Ricky memang dangdut yang sudah dimodifikasi dengan sentuhan musik latin. Namun, Ricky mengaku senang dengan dangdut klasik, seperti lagu-lagu para pedangdut yang diidolakannya itu.

"Saya memang suka (dangdut) yang klasik. Saya sebagai penyanyi harus pintar nyanyi (dangdut klasik itu). Saya tertarik yang vokal zaman dulu. Suara mereka benar-benar bagus, menghibur orang banyak," ujar dia.

Rilis "Mama Papa" dibuat di Korea. "Lagunya inspirasi saya, saya bilang ke teman saya di Korea bilang saya mau musik seperti ini. Dia dengar dangdut di YouTube, dia masukin kendang di musiknya. Untuk lirik, saya dibantu teman di Indonesia," kata dia.

Di Indonesia, lagu Ricky mendapat naungan label rekaman Universal Indonesia. Tak dinyana, para penyuka musiknya sudah memberikan label K-Dut alias Korean Dangdut. "Banyak fans di YouTube, di Twitter bilang ini K-Dut. Jenis saya sedikit beda dengan dangdut koplo. Yang kasih nama K-Dut itu fans K-Pop," tutur Ricky sembari tertawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com