Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tantri "Kotak" Pernah Biayai Sekolah Adiknya dari Hasil Berwarung

Kompas.com - 13/08/2015, 18:35 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis


UNGARAN, KOMPAS.com -- Siapa sangka penyanyi tenar Tantri Syalindiri Ichlasari alias Tanti "Kotak" dahulu pernah membuka warung demi menyambung hidup. Ia melakukannya demi untuk meringankan beban kelurga saat ayahnya pensiun dini lantaran terkena penyakit stroke.

"Tahun 2004 itu menjadi titik terendah dalam hidup saya. Saat kelas tiga mau lulus, ayah saya harus pensiun dini karena terserang stroke. Padahal saat itu saya dapat beasiswa dari sebuah Perguruan Tinggi di Jakarta," ungkap Tantri dalam acara perkenalan produk-produk terbaru Sidomuncul di Ungaran, Kabupaten Semarang, Kamis (13/8/2015).

Dihadapkan pada kondisi itu, Tantri mengaku dilematis. Antara mempertahankan keinginannya untuk kuliah atau bekerja demi membantu menyekolahkan adik laki-lakinya. Pada akhirnya Tantri memilih tidak mengambil beasiswa tersebut.

Sejak saat itu, debutnya sebagai penyanyi dimulai, meski awalnya adalah sebuah keterpaksaan untuk mengurangi beban orangtua. Jadilah ia dari panggung ke panggung menjadi vokalis sebuah band di Jakarta.

"Saya bilang ke Mama, 'Mama stop kasih uang jajan ke saya, yang penting adik bisa sekolah. Saat itu saya mulai nyanyi-nyanyi, jadi opening band sampai akhirnya bergabung masuk Kotak," ungkapnya.

Ternyata dalam keputusannya yang ikhlas untuk memilih bekerja demi adiknya yang ingin bersekolah, Tantri mendapatkan berkah berupa kesuksesan berkarier di bidang musik. "Kalau kita ikhlas, Tuhan kasih satu tangga ke atas. Jujur saya tidak bermimpi punya posisi seperti ini," kata Tantri.

Pada awal kariernya menyanyi, Tantri mengatakan bahwa penghasilannya belum seberapa. Untuk menambah pendapatan, ia membuka warung kecil-kecilan di rumahnya. "Saya juga buka warung, jualan produk Sidomuncul juga. Ada Kuku Bima dan Tolak Angin waktu itu. Tidak pernah berpikir saya akan jadi brand ambassador Tolak Linu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com