Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak-anak Pulau Maratua Menunggu Jupe dan Charly "Setia Band"

Kompas.com - 13/09/2015, 21:03 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Anak-anak di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, tampak menikmati penampilan para pemusik jazz Tanah Air dalam pergelaran Maratua Jazz & Dive Fiesta 2015, yang diselenggarakan pada Sabtu (12/9/2015) di pulau tersebut. Namun, ketika seorang pembawa acara menanyakan kepada anak-anak itu, siapa artis musik yang mereka ingin tonton dalam pergelaran tersebut tahun depan, mereka menyebut penyanyi dangdut Julia Perez (Jupe) dan vokalis Setia Band, Charly Van Houten.

"Jupe! Jupe!," teriak beberapa anak.

"Charly! Charly!," sahut anak-anak lainnya.

Meski mereka mengaku musik jazz masih asing, anak-anak Maratua, yang berasal dari sekitar tempat pergelaran serta empat desa lainnya, yakni Bohe Silian, Payung Payung, Bohe Bokut atau Teluk Harapan, dan Teluk Alulu, terlihat bersemangat ketika mendengarkan lagu "Yale Yale", yang disajikan oleh pembetot bas Indro Hardjodikoro featuring Sukma. Mereka, yang semula diam, perlahan-lahan mulai merapatkan diri ke depan panggung. Joget ala dangdut ditunggu-tunggu oleh mereka.

"Ayo bareng-bareng sini," ajak Sukma.

Tak ada lagu barat yang disuguhkan oleh Indro. Ia menggelindingkan sejumlah lagu daerah, yaitu "O Ina Ni Keke" dari Sulawesi Utara, "Ondel-ondel" dari Jakarta, dan "Panon Hideung" dari Jawa Barat.

"Khusus malam ini, saya akan menyanyikan lagu daerah," ujar Sukma sebelum membuka penampilannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com