Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Pulau Maratua, Pergelaran Jazz Jadi Hiburan Keluarga Nelayan

Kompas.com - 14/09/2015, 11:57 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

MARATUA, KOMPAS.com -- Founder sekaligus Direktur Maratua Jazz & Dive Fiesta 2015, Agus Setiawan Basuni, mengatakan bahwa para warga Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, yang menonton pergelaran tersebut mengaku terkejut akan kehadiran pertunjukan jazz di pulau itu.

"Sebelum dan setelah digelar musik jazz di hari pertama, saya ngobrol-ngobrol sama penduduk, mereka surprised dengan adanya acara ini," ujar Agus dalam wawancara di Pulau Maratua, Minggu (13/9/2015).

Menurut Agus, ia menggagas acara itu karena ingin menggelar jazz di sebuah pulau terluar Indonesia, selain ingin mengenalkan potensi wisata Maratua.

"Memang, jazz di pulau terluar sudah ada (di negara lain). Tapi, bagi kami, ini adalah hal yang baru, khususnya di Indonesia," katanya.

KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Donny Suhendra tampil di Maratua Jazz and Dive Fiesta 2015, di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Jumat (11/9/2015).

Seorang warga dari desa Bohe Bukut atau Teluk Harapan di pulau itu, Soleh (53), mengaku senang bisa menonton artis-artis musik terkenal Indonesia tampil. 

"Pengin lihat aja, katanya artis yang di TV. Ya, senang kalau ada acara kayak gini, jarang sekali," ujar Soleh ketika berbincang dengan Kompas.com.

Soleh, yang sehari-hari bekerja sebagai nelayan, menonton bersama istri, anak, dan para cucunya. Meski mengaku tak mengerti jazz, Soleh tampak menikmati keseruan ketika para pemusik memamerkan aksi solo di tengah lagu. Terlihat, ia merekam adegan setiap pemain dengan kamera telepon genggamnya.

Sementara itu, Deli, warga desa Teluk Alulu di pulau tersebut, bersama adiknya mampir menonton petunjukan itu sesudah mengambil air tawar di desa Bohe Bokut, di pulau yang sama, dengan menggunakan alat transportasi sampan miliknya.

KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Syaharani (kanan) dan Idang Rasjidi tampil di Maratua Jazz and Dive Fiesta 2015, di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Jumat (11/9/2015).

"Abis ambil air buat di rumah, Teluk Alulu," ucap Deli di dermaga Lawang Lawang, desa Payung Payung.

"Ya, nanti sekalian mau nonton. Perahunya taruh di sini dulu," sambungnya.

Maratua Jazz & Dive Fiesta 2015, yang diadakan pada 12-13 September 2015, menghadirkan pianis dan pemain keyboard Idang Rasjidi dengan bandnya, Idang Rasjidi Syndicate-nya; grup Syaharani and Queenfireworks (ESQI:EF); pemain bas Indro Hardjodikoro featuring Sukma;  serta grup YK (Youth of Kalimantan) Samarinda dan Berau Jazz Band.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com