Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rio Dewanto: Petani Kopi Harus Jadi Tuan Rumah di Negerinya

Kompas.com - 27/11/2015, 16:13 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Rio Dewanto (28) mendapatkan penghargaan Pegiat Pangan Lokal pada pelaksanaan Konvensi Kopi, Teh dan Cokelat Indonesia 2015 yang diselenggarakan di SMESCO, 24 November 2015.

Apresiasi itu diperolehnya karena sejak dipercaya memerankan tokoh Jody dalam film Filosofi Kopi yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko, Rio mengaku semakin mencintai kopi dan mengelola kedai Filosofi Kopi di kawasan Blom M, Jakarta Selatan.

"Semenjak memiliki kedai Filosofi Kopi, saya menjadi lebih peduli kepada petani Indonesia. Kalau kita lihat ke daerah penghasil kopi, sudah sangat sedikit generasi petani kopi. Banyak anak petani kopi yang lebih memilih urbanisasi, enggak meneruskan menjadi petani kopi," tuturnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (27/11/2015).

Suami artis peran Atiqah Hasiholan ini menilai, Indonesia memiliki potensi yang luar biasa dari lahan yang luas dan tanah dengan kualitas yang baik, sehingga kopi di Nusantara pun menjadi kaya akan cita rasa.

Namun, menurut Rio, masih banyak permasalahan di perkebunan kopi di Indonesia.

"Tetapi, saya masih optimis dengan potensi industri perkebunan kita dan saya ingin mendorong petani kopi Indonesia untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri," ucapnya.

Dengan penghargaan Pegiat Pangan Lokal yang ia terima, Rio merasa semakin termotivasi untuk memberikan dampak nyata bagi para petani di Indonesia.

"Saya beberapa kali berkunjung ke perkebunan kopi di Indonesia, ada banyak hal yang perlu diperbaiki. Penghargaan ini mendorong saya untuk kian berkontribusi kepada masyarakat, terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan para petani kopi," ujarnya.  

Selain Rio, nama-nama lain yang mendapat penghargaan dari acara yang didukung oleh Kementerian Pariwisata RI, Kementerian Pertanian RI dan Kementerian Perindustrian tersebut antara lain, Tedja Wahyu, Tazbir, A Syafrudin dan Cokelat Bombana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com