Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Joey Alexander

Kompas.com - 19/01/2016, 12:10 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

Sumber jazz.org


KOMPAS.com —
Pianis asal Indonesia, Joey Alexander, membuat kejutan besar dengan masuk daftar dua nominasi ajang penghargaan musik Grammy Awards 2016 berkat album perdananya, My Favourite Things, yang mendapatkan banyak sambutan positif dari para penggemar jazz.

Untuk mengetahui siapa sebenarnya pianis genius berusia 12 tahun itu, berikut 12 hal yang perlu Anda ketahui mengenai Joey Alexander:

1. Joey merupakan nomine termuda dalam sejarah Grammy Award untuk semua kategori jazz.

2. Joey berasal dari Denpasar, Bali, Indonesia, berjarak 10.000 mil (16.000 km lebih) dari tempat tinggalnya sekarang, New York, AS.

3. Pengalaman pertama Joey dengan musik jazz dimulai ketika ia masih berada dalam kandungan ibunya. Ketika itu, ayahnya memperdengarkan dia album-album dari Louis Armstrong.

4. Kemahiran Joey bermain piano kebanyakan didapat dari belajar secara otodidak. Dia pernah memiliki seorang pengajar, tetapi latar belakang musik klasik yang dimiliki gurunya tidak cocok dengan pendekatan Joey dalam bermusik.

5. Dalam album perdananya, My Favorite Things, Joey melibatkan sejumlah musisi jazz kenamaan. Mereka adalah Russell Hall (bas), Sammy Miller (drum), dan Alphonso Home (trompet). Ketiganya merupakan pemain reguler di Lincoln Center.

6. Selain dibantu oleh pemain trompet Wynton Marsalis, penggarapan album My Favorite Things ikut diproduseri oleh Jason Olaine yang menjabat sebagai direktur program dan tur jazz di Lincoln Center.

7. Pada 2013 lalu, Joey mengikuti kompetisi Master-Jam Fest di Ukraina dan bersaing dengan lebih dari 40 musisi jazz profesional dewasa. Joey menang dalam kompetisi itu.

8. Piano pertama yang dimiliki Joey adalah sebuah kibor elektrik kecil yang dibelikan ayahnya saat ia berusia enam tahun. Kini, dia berlatih menggunakan piano Steinway di rumahnya.

9. Nama lengkap Joey adalah Joey Alexander Sila.

10. Orang yang mengajak Joey untuk ikut audisi di depan George Wein dan membantunya mendapatkan tempat untuk bermain di Newport Jazz festival adalah Jeanne Moutoussamy-Ashe, janda mendiang pemain tenis Arthur Ashe.

11. Joey kali pertama memainkan "Giant Steps" dari John Coltrane ketika ia berusia delapan tahun.

12. Tahun ini, Joey tampil dalam Dizzy's Club Coca-Cola pada 15-17 Januari 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber jazz.org
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com