Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erwin Gutawa Berharap Tiap Kotamadya di Jakarta Punya Gedung Pertunjukan

Kompas.com - 14/03/2016, 10:33 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemusik Erwin Gutawa (53) berharap di setiap wilayah kotamadya  di DKI Jakarta ada setidaknya satu gedung pertunjukan yang layak untuk pementasan musik, seperti Teater Jakarta di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat.

"Kita sebenarnya perlu gedung kayak gitu lumayan banyak. Tiap wilayah kotamadya perlu ada," ucap arsitek lulusan Universitas Indonesia ini ketika berbincang di kantor Redaksi Kompas.com, Jakarta, Jumat lalu (11/3/2016).

Menurut pendiri dan pemimpin Erwin Gutawa Orchestra ini, sampai sekarang masih banyak kegiatan musik di Ibu Kota yang sulit mendapat jadwal pementasan karena kekurangan tempat pertunjukan yang memadai.

Menurut ayah dari penyanyi dan pencipta lagu Gita Gutawa ini lagi, umumnya gedung yang layak untuk pementasan musik di wilayah DKI Jakarta berkapasitas besar untuk 5.000 penonton atau lebih.

Padahal, banyak juga pertunjukan musik yang membutuhkan gedung yang berkapasitas tak sebesar itu.

"Gedung yang memenuhi syarat, sama (besarnya). Kan enggak semua orang pengin ngundang 5.000 orang. Enggak semua musik cocok (untuk jumlah penonton sebanyak itu). Paling enak sih 1.500-an sampai 1.700-an," tuturnya.

Karena itu, Erwin berharap Pemerintah DKI Jakarta menyadari kondisi itu dan membuat kebijakan tentang hal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com