Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Selebriti Indonesia yang Pernah Bermasalah dengan Orangtua

Kompas.com - 05/04/2016, 14:10 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kisah hidup para selebriti Tanah Air selalu menarik untuk disimak. Mulai dari kisah cinta, rumah tangga, hingga keluarganya, semua hal tersebut tak lepas dari pemberitaan.

Sejak 2010, redaksi Kompas.com mencatat ada empat artis yang sempat berselisih dengan orangtuanya.

Marshanda adalah satu dari beberapa artis yang bermasalah dengan orangtuanya. Mantan artis cilik yang dikenal berkat perannya dalam sinetron Bidadari ini sempat bermasalah dengan sang ibu, Riyanti Sofyan, pada 2014 lalu.

Marshanda mengaku disekap di rumah sakit

Perempuan yang akrab disapa Caca itu mengaku sempat disekap di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat. Riyanti bahkan membayar jasa pengawal untuk menjaga Marshanda agar tak melarikan diri.

Menurut kuasa hukum Caca waktu itu, OC Kaligis, kliennya merasa sangat tertekan. Caca bahkan mengaku kerap dijadikan "mesin ATM" sejak kecil. Perlu diketahui, selain menjadi ibu, Riyanti juga menjadi manajer bagi Caca.

Ibu dari Sienna Ameera Kasyafani ini juga mengatakan bahwa sang ibunda kerap memaksa dirinya untuk meminum sejumlah obat agar dirinya bisa tenang.

Namun, Riyanti pun membantah pernyataan putrinya.

"Pertama-tama yang mau saya ungkapkan, saya tetap pada pendapat saya bahwa Marshanda adalah anak yang baik, dan saya ingin mengklarifikasi, saya bukan orangtua (seperti) yang disampaikan di berbagai media," ujar Riyanti pada 8 Agustus 2014.

"Saya melakukan ini semata-mata demi kepentingan anak saya. Saya hanya seorang ibu yang melakukan semua demi anaknya. Saya ingin yang terbaik untuk anak saya. Kok sekarang diputar balik faktanya," imbuhnya.

Riyanti berdalih bahwa obat itu memang harus selalu dikonsumsi untuk mengendalikan bipolar yang didiagnosis dokter terhadap Caca. Di sisi lain, kasus ini bergulir di tengah perceraian Marshanda dan artis peran Ben Kasyafani.

"Sebelum melakukan penjemputan, saya menghubungi dokter yang merawat dia sejak tahun 2009. Ternyata, kata dokter, dia sudah tidak minum obat selama empat bulan terakhir. Saya tanya, kalau tidak minum, kenapa? Katanya, dia akan mengalami impulsif, sikap di mana dia merasa selalu benar dan dia melakukan tindakan yang di luar dugaan. Apakah saya sebagai orangtua membiarkan keadaan itu, tentu tidak," ujarnya.

"Dia peluk dan cium saya, dia bilang Caca masih boleh pulang kan? Baik-baik semua. Saya shocked banget ketika melihat beritanya keesokan harinya," katanya.

Kini, hubungan Marshanda dan Riyanti sudah membaik. Bahkan, Marshanda diketahui kembali tinggal seatap dengan sang ibu di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

KOMPAS.com/IRFAN MAULLANA Artis Adriani Marshanda atau Marshanda dalam sesi wawancara di Kompas TV, Palmerah, Selasa (29/3/2016). Marshanda kembali menjadi sorotan setelah ayahnya, Irwan Yusuf, terjaring razia suku dinas sosial Jakarta Selatan.

Babak baru Marshanda

Baru-baru ini, publik bahkan dikejutkan dengan ditemukannya ayah artis peran Marshanda yang tengah mengemis di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. Terlebih lagi, artis yang akrab disapa Caca itu pernah bermasalah dengan sang ibu, Riyanti Sofyan.

Setelah menemui sang ayah di panti sosial di kawasan Jakarta Timur, Marshanda menjelaskan, orangtuanya bercerai ketika ia berusia 8 tahun. Sejak itu, ia tinggal bersama sang ibu.

Dengan Irwan, Caca mengaku masih berkomunikasi dengan ayahnya. Namun, beberapa kali mereka kehilangan kontak, sampai akhirnya Irwan terjaring razia Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan.

Caca memang tak malu mengakui Irwan sebagai ayah kandungnya. Meski demikian, publik sempat bertanya mengapa ayah Caca sampai harus mengemis mengingat sang anak hidup berkecukupan?

Menanggapi hal itu, pelantun "Kisah Sedih di Hari Minggu" itu mengatakan, ia pernah menawarkan diri untuk merawat Irwan.

"Pengin banget. Dari SMA juga pengin itu sebenarnya. Ingin aku yang urus papa, bantu papa. Cuma, dari keluargaku mikirnya, ya Allah, Caca kan masih SMA, masih sekolah, dan masih ada pekerjaan. Apa itu bukan tanggung jawab yang terlalu besar untuk seorang remaja pikul?" papar Caca di Cipayung, Jakarta Timur, belum lama ini.

Caca juga tak membawa Irwan pulang dari panti sosial. Tante dan omnyalah yang membawa ayah tiga anak itu pulang ke rumah.

Tak banyak yang diungkapkan Marshanda setelah kejadian itu. Keduanya pun tetap tinggal terpisah. Caca tetap di kediaman sang ibu di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, sedangkan sang ayah dikabarkan masih tinggal bersama kerabat yang menjemputnya di dinas sosial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com