Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Artis Hollywood yang Diam-diam Kunjungi Indonesia

Kompas.com - 06/04/2016, 20:04 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Akhir Maret lalu, artis peran Leonardo DiCaprio mengejutkan publik Indonesia gara-gara kedatangannya secara diam-diam ke Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh.

DiCaprio tidak sendirian. Ia ditemani dua aktor lain, Adrien Brody dan Fisher Stevens.

Kedatangan mereka terungkap setelah pihak Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) memberitakannya pada laman resmi mereka.

Menurut gunungleuser.or.id, DiCaprio sempat bertemu dengan tiga orangutan sumatera, mendengar suara rangkong, serta sejumlah spesies burung lainnya.

"Balai Besar TNGL mendukung pihak-pihak yang beritikad baik membantu konservasi Leuser. Kami juga mengapresiasi pegiat lingkungan yang mengampanyekan kelestarian alam, termasuk Leonardo DiCaprio dan rekan-rekannya ini," ujar Kepala Balai Besar TNGL Andi Basrul.

DiCaprio dan Brody pun mengunggah foto-foto kunjungan itu dalam akun Instagram masing-masing.

Belakangan kunjungan itu menimbulkan kontroversi. Sebab, DiCaprio mengomentari kerusakan hutan karena dijadikan perkebunan kelapa sawit.

"Seiring dengan berlanjutnya pembukaan hutan di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan kelapa sawit, maka (nasib) orangutan di Sumatera kian terdesak dan makin terancam," tulis DiCaprio.

Pemerintah Indonesia akan menyelidiki tindakan DiCaprio karena diduga melakukan kampanye negatif terhadap industri kepala sawit di Indonesia.

Namun, Kepala Humas Dirjen Imigrasi Indonesia Heru Santoso menyatakan, hingga kini Dirjen Imigrasi belum menemukan pelanggaran hukum yang dilakukan DiCaprio.

"Kalau terbukti melakukan penghasutan, imigrasi akan melakukan penangkalan atau tidak mengizinkan DiCaprio datang kembali ke Indonesia," kata Heru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com