Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peninggalan Langka Marilyn Monroe Akan Dilelang

Kompas.com - 11/05/2016, 08:10 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah barang berharga peninggalan aktris legendari Marilyn Monroe akan dilelang. Hal itu diumumkan rumah lelang Julien's Auction House, Selasa (10/5/2016).

Benda-benda yang akan dilelang itu dimiliki guru akting Monroe, Lee Strasberg. Lelang itu akan dilakukan di Los Angeles pada 19 dan 20 November.

Peninggalan aktris itu di antaranya adalah mantel dan stola bulu, arloji platinum bertatahkan berlian, tas tangan dengan tiga tempat untuk bedak, rokok bermerek Phillip Morris, dan tabung lipstik Revlon warna Bachelor's Carnation dari tahun 1974.

Benda lain yang dilelang adalah sejumlah surat  pribadi. Selain itu ada tas tangan berbahan kulit buaya buatan tahun 1950.

Estate of Lee Strasberg Arloji platinum bertatahkan berlian peninggalan Marylin Monroe
Ada surat yang ditujukan Monroe kepada psikiaternya, dr Ralph Greeson. Dokter itulah yang merawat Monroe menjelang aktris itu meninggal.

Di dalam surat itu Monroe menceritakan pengalaman dan hal-hal yang dilihatnya selama berada di klinik psikiatri Payne-Whitney.

"Mereka bertanya kenapa aku tidak bahagia di sana (semuanya terkunci: seperti lampu listrik, laci lemari, kamar mandi, kamar pakaian, jeruji pada jendela - pintu-pintu berjendal sehingga semua pasien selalu terlihat sepanjang hari, juga kekerasan dan penanda yang masih tersisa dari pasien sebelumnya). Aku menjawab: Well, aku gila kalau senang tinggal di sini."

Itu sepenggal surat yang ditulis Monroe kepada Greeson.

Aktris yang selalu dinobatkan sebagai simbol seks itu meninggal akibat overdosis obat tidur di rumahnya di Hollywood pada 5 Agustus 1962.

"Lelang merupakan salah satu yang paling penting dan berharga dari barang-barang milik Marilyn Monore," kata Martin Nolan, direktur eksekutif Julien's Auction House.

"Keragaman koleksi (yang dilelang) menunjukkan pada kita secuil kehidupan legenda film ini. Belum pernah ada begitu banyak peninggalan dari kehidupan dan karier ikon global yang dicintai ini," lanjut Nolan.

Benda lain yang dilelang adalah sepasang sandal dari masa-masa awal dia di dunia model. Juga sebuah kotak aksesori milik mantan suaminya, pemain baseball legendaris Joe DiMaggio.

Pribadi rumit

Monroe disebut memiliki hubungan yang dekat tetapi kontrovesial dengan Strasberg. Dalam surat wasiatnya, ia meninggalkan sejumlah barang pribadi kepada guru aktingnya itu.

Janda Strasberg, Anna Strasberg, mengatakan citra Monroe selama ini tercipta dari paduan antara fakta dengan fantasi.

"Tidak ada orang yang benar-benar mengenal Marylin Monre, meskipun tidak terhitung buku yang berusaha menyatukan tiap keping cerita dari berbagai pihak. Seiring waktu, ceritanya dibumbuhi," tuturnya.

"Marilyn adalah pribadi yang rumit dan sosok yang memperdaya. Ia membuat pemujanya berspekulasi, menerka, dan berdebat tentang kehidupannya," lanjut Anna Strasberg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com