Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Glenn Fredly: Penting Bagi Pemusik untuk Keluar dari Zona Nyaman

Kompas.com - 18/05/2016, 21:04 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Glenn Fredly (40) mengatakan bahwa penting bagi seorang pemusik untuk keluar dari zona nyaman. Apalagi, kata Glenn pula, industri musik yang terus bergerak membutuhkan pemusik-pemusik yang kreatif.

"Penting untuk keluar dari zona nyaman. Dunia ini perubahannya cepet banget dengan sebuah inovasi yang tidak pernah terpikirkan," kata Glenn ketika dijumpai di Rolling Stone Cafe, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (18/5/2016).

Vokalis, pencipta lagu, dan produser musik yang terkenal karena tembang-tembang pop dan pop-R&B yang romantis ini mengaku tak mau berada di posisi itu terus menerus.

"Kayak Glenn nyanyi lagu romantis. 'Glenn enggak boleh keluar dari zona lagu 'Januari' itu ya.' Ndas-mu," kelakar Glenn.

Glenn pernah berduet dengan penyanyi dangdut Dewi Perssik dalam lagu pop dangdut "Hikayat Cinta", yang dirils pada 2008.

Sebagai vokalis, kali ini Glenn bergaul lagi dengan dangdut, tetapi yang dipadu dengan electronic dance music (EDM), dalam album baru Kewer-kewer (2016) milik Libertaria, duo elektronika yang digawangi oleh Kill The DJ (Marzuki Mohamad) dan Balance.

Dalam album itu Glenn menyanyikan lagu "Teruslah Bekerja".

Menyuguhkan lagu dengan musik yang disebut Libertaria sebagai post dangdut elektronika itu, menurut Glenn, merupakan sebuah wadah baginya untuk menyapa para pendengar yang lebh luas.

"Ini salah satu bentuk bagaimana menjawab keinginan saya menyapa masyarakat yang lebih banyak lagi. Libertaria memberikan tempat buat saya dengan cara tidak meninggalkan identitas saya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com