Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Glenn Fredly: Kenyataannya, Masyarakat Kita Bisa Membangun Demokrasi yang Pancasilais

Kompas.com - 19/05/2016, 11:29 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Glenn Fredly (40) menyatakan bahwa masyarakat Indonesia kini sudah bisa membangun demokrasi berdasarkan Pancasila. Jadi, menurut Glenn, tak perlu takut terhadap apa yang disebut ideologi "kiri", yang dianggapnya sudah usang itu.

"Patokan gue adalah gue selalu ngelihat sosok Gus Dur (almarhum Abdurrahman Wahid, mantan presiden). Kenapa (ideologi 'kiri' itu) mesti ditakutin sih? Itu, jujur aja, itu ideologi usang, itu udah kalah," kata Glenn kepada para wartawan di Rolling Stone Cafe, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (18/5/2016).

"Jadi, sudah usang untuk membuat ketakutan-ketakutan di tengah-tengah masyarakat," ujar Glenn, yang juga pencipta lagu dan produser musik.

"Kenyataannya, masyarakat kita bisa menentukan jalannya, bisa membangun demokrasi yang Pancasilais," katanya lagi.

Glenn juga berpatokan pada instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada aparat berwenang agar tidak berlebihan dalam mengambil tindakan atas hal-hal yang diduga "kekiri-kirian".

"Kan sudah jelas, presiden sudah bilang jangan berlebihan. Maksudnya, come on lah, di era transisi seperti hari ini, kebiasaan-kebiasan lama harus dihilangkan, itu enggak bisa," ucap produser film Cahaya dari Timur: Beta Maluku ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com