Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bosnia Kenang David Bowie dengan Lukisan Dinding

Kompas.com - 29/05/2016, 14:33 WIB

SARAJEVO, KOMPAS.com -- Sekelompok seniman membuka selubung lukisan dinding atau mural David Bowie di Sarajevo, Bosnia, Sabtu (28/5/2016) waktu setempat. Mereka mengenang karya kemanusiaan artis musik Inggris itu dalam Perang Bosnia.

Rekaman nyanyian Bowie dalam lagu "Space Oddity" berkumandang di tengah 300 orang yang menghadiri peresmian lukisan dinding yang disertai tulisan dalam bahasa Inggris "Fashion changes but you'll always be my heroes" itu.

Mural dengan tinggi 13 meter dan lebar 10,5 meter tersebut dilukis pada dinding kampus, tidak jauh dari jalan yang dulu dikenal sebagai "lorong penembak runduk" dan dimaksudkan menjadi lambang perubahan Bosnia sejak perang 1992-1995 berakhir.

Sketsa lukisan dikerjakan oleh ilustrator komik Marvel, Enis Cisic, dan diubah menjadi lukisan dinding oleh pelukis Zoran Herceg.

Waktu untuk membuat mural itu empat bulan.

Usul untuk mengabadikan David Bowie, yang meninggal akibat kanker dalam usia 69 tahun pada 10 Januari 2010,  datang dari artis musik Vedad Trbonja.

Proyek tersebut didukung oleh ribuan warga Bosnia yang banyak mengunggah foto-foto bergaya seperti Bowie di media sosial, termasuk juga rekan kerja Bowie.

Bowie tergerak melihat penderitaan warga Bosnia dan menggunakan ketenarannya untuk membangkitkan kesadaran mengenai perang dan menggalang dana kemanusiaan, meskipun ia sendiri tidak mengunjungi Sarajevo.

"Ini adalah cara untuk menghargai Bowie sebagai seniman dan sosok kemanusiaan dan mengabadikannya di kota yang belum sempat menyambutnya," kata Adnan Comor, juru bicara kelompok yang menangani proyek itu. (AA Ariwibowo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com