Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kalau Enggak Ada Mereka, Enggak Ada Glenn Fredly"

Kompas.com - 01/06/2016, 23:58 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis, pencipta lagu, dan produser Glenn Fredly (40) merasa senang karena diingatkan kembali bahwa ia dan rekan seprofesinya yang satu generasi memiliki banyak pahlawan musik Tanah Air.

"Kalau enggak ada mereka, enggak ada Glenn Fredly, enggak ada musisi-musisi seperti sekarang. Enggak ada Afgan, enggak ada Raisa, enggak ada Tulus atau siapa pun," ucapnya dalam wawancara di Rolling Stone Kafe, Jakarta Selatan, Rabu (1/6/2016) sore.

Karena itu, ia mengapresiasi hadirnya situs web pusat informasi dan dokumentasi karya musik Indonesia bernama www.iramanusantara.org.

Pada situs web tersebut para pengunjung bisa melihat ribuan album karya musisi Tanah Air dari era 1950-an hingga 1980-an.

"Sebuah website keren di mana mereka mengarsip lagu-lagu Indonesia dari yang lama-lama. Platform isinya anak-anak muda keren, mereka terpanggil mencoba mengingatkan semua ini (penyanyi lawas)," katanya.

Lewat digitalisasi atau memindahkan album dari piringan hitam ke format digital, maka orang-orang bisa dengan mudah menikmati musik para musisi lawas itu.

"Saya sebagai musisi bisa menyampaikan bahwa musik Indonesia keren banget lah. Kalau lu buka Irama Nusantara banyak musisi-musisi keren enggak kalah kayak musisi luar," kata Glenn.

Sejak 2013, www.iramanusantara.org sudah memiliki kurang lebih 1.000 arsip rilisan fisik musik Tanah Air dari era 1950-an hingga 1980-an yang sudah didigitalisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com