Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Penuh Kesan Penyanyi AS Saat Kunjungi 30 Masjid di Indonesia

Kompas.com - 03/06/2016, 10:24 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis asal Amerika Serikat, Raef Haggag, mendapat pengalaman mengesankan ketika didapuk menjadi pembawa acara program "The Journey of A Backpacker".

Pasalnya dalam program tersebut ia berkesempatan mengunjungi 30 masjid di Indonesia.

"Aku merasa sangat beruntung, karena aku bisa melihat masjid yang bersejarah, sejarah Islam di Indonesia. Ini sangat luar biasa. Saya tak hanya ingin menyampaikan ini kepada Indonesia saja, tapi kepada dunia," ungkap Raef saat ditemui di Pacific Place, kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (1/6/2016).

Perjalanan tersebut meninggalkan kesan mendalam bagi pria keturunan Mesir tersebut. Raef mengaku sangat terkesan dengan budaya dan keramahan masyarakat Indonesia.

"Saya berkunjung ke 30 masjid hanya dalam waktu 20 hari sekaligus. Must be tired but so worth it. Saya dapat pelajaran setelah berkeliling masjid di Pulau Jawa," katanya.

Sementara itu menurut Rina, produser DNA Production yang mendatangkan artis AS itu, perjalanan tersebut juga sarat akan makna historis.

"Karena masjidnya bukan cuma arsitektur tapi historinya. Bagaimana membina lingkungan sangat inspiratif. Jadi ada 30 episode 30 masjid dan Raef melintasi 2.800 kilometer," terang Rina.

Bahkan, masjid yang dikunjungi Raef merupakan peninggalan sejarah yang berumur lebih dari satu abad.

"Masjid yang disinggahi seperti masjid yang ada di Kudus, Jawa Tengah, dibangun 600 tahun lalu," tutur Rina.

"Karena masjid bukan hanya tempat beribadah tapi juga jadi pusat peradaban. Nah Raef juga banyak belajar hal-hal dari sejarah masjid yang ada di Tanah Air dan luar negeri. Bahkan Raef sempat main debus," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com