Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anne Hathaway: Kepedulian untuk Perempuan

Kompas.com - 17/06/2016, 21:00 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Aktris Anne Hathaway (33) resmi ditunjuk sebagai utusan khusus PBB untuk kesetaraan jender dan pemberdayaan perempuan.

Sebelumnya, PBB telah menunjuk Emma Watson dan Nicole Kidman.

"Saya merasa terhormat dan mendapat banyak inspirasi dengan kesempatan membantu memperjuangkan hak-hak perempuan. Sebuah proses yang berkelanjutan telah dimulai. Kami sedang mengumpulkan semua data serta segala usaha agar kesetaraan bisa terwujud," kata penerima penghargaan Oscar untuk Aktris Pendukung Terbaik lewat film Les Miserables ini.

Sebelumnya, Anne telah menunjukkan sikapnya untuk memperjuangkan hak-hak perempuan. Anne menjadi duta Nike Foundation yang mendukung program pengembangan pendidikan remaja putri di negara berkembang.

Selain itu, tahun 2011, Anne berkunjung ke Kenya untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap korban kekerasan terhadap perempuan.

Dari kunjungannya ke Kenya, pemain film Devil Wears Prada ini menghasilkan sebuah tulisan opini yang diterbitkan Daily Beast.

"Remaja putri yang menjadi korban kekerasan takut atau malu untuk menceritakan kepada orang lain. Mereka akan disalahkan atau dicap sebagai tidak berhasil menjaga pernikahan oleh keluarga dan komunitas. Seorang perempuan di Dadaab, Kenya, mengatakan, jika kamu cerita, tidak seorang pun bisa menolong. Jadi lebih baik tidak menceritakan kepada siapa pun," demikian tulis Anne.

Selain itu, Anne juga menulis di CNN untuk rubrik Girl Rising mengenai kekuatan pendidikan untuk perempuan. (The Guardian/SIE)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 17 Juni 2016, di halaman 32 dengan judul "Kepedulian untuk Perempuan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com