Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titiek Puspa dan Resep Meditasi

Kompas.com - 21/07/2016, 20:44 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis dan aktris senior Titiek Puspa (79) berbagi rahasia sehat untuk mereka yang berusia lanjut. Menurut dia, meditasi yang sudah dua tahun belakangan ini rutin dilakukannya, terbukti bisa membuat ia tetap bugar.

"Ada obat dokter, tapi saya barengin dengan meditasi waktu lagi tidak ada kerjaan. Terutama bangun pagi. Meditasi satu hari lima jam," kata Titiek dalam wawancara di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (20/7/2016) malam.

Lanjut Titiek, idealnya meditasi dilakukan bertahap per satu jam. Sejam saat bangun tidur pada pagi hari, satu jam di siang hari, pertengahan siang, sore, dan malam hari.

Meditasi dilakukan dengan posisi duduk tegak di kursi tanpa bersandar, lipat lidah ke belakang, tutup mata, sambil bernapas teratur.

"Itu melatih fokus pikiran, bersih pikiran. Ketenangan. Setelah meditasi, seger aja, jadi creeeng. Kadang minum multivitamin juga. Sayuran ijo tua dan kacang-kacangan dikurangin," katanya.

Meditasi itu mulai dilakukan Titiek usai divonis terkena kanker rahim. Ketika ia sudah merasa putus asa, ia tiba-tiba memperoleh informasi soal meditasi tersebut dan memutuskan menjadikannya rutinitas.

"Pas kembali ke Singapura, diperiksa, semua clean. Ikut aturan dokter sekarang. Harus bisa mengukur kekuatan kita," ujar Titiek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com