Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Albert Halim Belajar Dialek Palembang

Kompas.com - 10/08/2016, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Setiap peran dan setiap film bagi Albert Halim adalah kesempatan belajar serta menambah ilmu baru.

Di film sebelumnya, Albert belajar cameuh (istilah Sunda untuk dagu dan rahang bawah yang lebih maju ketimbang rahang atas).

Kini, untuk serial komedi situasi di salah satu stasiun televisi, Albert belajar bicara dalam dialek Palembang, Sumatera Selatan.

Gurunya adalah seorang kru film yang berasal dari "Kota Pempek" tersebut.

"Saya bukan orang asal Palembang. Makanya, saya serius belajar dan banyak latihan," kata Albert di Jakarta, pekan lalu.

Menurut aktor itu, walau relatif singkat, dirinya sungguh-sungguh belajar dialek Palembang plus pemilihan kata yang pas.

Sejauh ini, proses belajar berjalan cukup lancar.

"Bukan belajar bahasa, jadi saya tidak belajar kata per kata. Untung saja, banyak kata yang biasa diucapkan sehari-hari. Apalagi, bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Banyak pengucapan kata berakhiran O," ujar Albert. (TIA)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 10 Agustus 2016, di halaman 32 dengan judul "Belajar Dialek Palembang".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com