Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Choky Sitohang soal Teori Konspirasi Covid-19: Jangan Ajak Orang Lain Ikut Bingung

Kompas.com - 16/05/2020, 15:10 WIB
Tsarina Maharani,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor Choky Sitohang berbicara soal teori konspirasi Covid-19 yang merebak di publik.

Menurut Choky, mereka yang mengamini teori konspirasi jangan mengajak orang lain untuk percaya dengan sesuatu yang kebenarannya belum bisa dibuktikan.

"Kita tidak perlu membingungkan diri kita dengan mengajak orang lain ikut bingung dengan sebuah teori yang dasarnya belum tentu bisa dibuktikan," kata Choky dalam konferensi pers dari Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (16/5/2020)

Baca juga: Deddy Corbuzier dan Young Lex Bicara Teori Konspirasi Corona, Berikut Penjelasan Ahli

Dia memahami bahwa pendapat tiap orang bisa berbeda-beda. Namun, lanjut Choky, situasi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini tak bisa dibantah.

Choky mengatakan, data-data mengenai kasus Covid-19 harus dipahami sebagai fakta.

"Teori boleh ada, pemikiran orang boleh berkembang, khayalan dan imajinasi adalah salah satu cara bertahan hidup, kita hargai. Tapi yang paling penting adalah apa yang di depan," tuturnya.

"Ketika hasilnya sudah ada, sudah menelan korban jiwa, penyebaran virus begitu cepat kita baca, ini kan fakta. Ini data," tegas Choky.

Baca juga: Lagi, Menara BTS Dibakar Gara-gara Teori Konspirasi Covid-19

Pada kesempatan yang sama, aktris Marcella Zalianty berharap pemerintah menyampaikan informasi terkait Covid-19 secara terpadu dan transparan.

Sebab, kata dia, saat ini masyarakat dihadapi banyak hoaks atau berita bohong.

"Yang penting saat ini penyebaran informasi terpadu, benar adanya, dan membuat masyarakat clear mana yang hoax dan mana yang benar," kata Marcella.

"Jadi saya pikir informasii-informasi mengenai kesehatan perlu disosialisasikan secara benar, agar tidak misleading," ujarnya.

Dia juga mengajak masyarakat agar meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan diri demi memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Saya melihat ini musuh yang harus kita kalahkan dengan cara menjaga jarak, melonggarkan barisan, dan saya yakin ada saatnya nanti kita berkumpul lagi," ucap Marcella.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com