Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadine Chandrawinata: Ikan Pun Risih kalau Dipegang

Kompas.com - 19/08/2016, 17:07 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran dan model Nadine Chandrawinata suka menyelam untuk menikmati keindahan alam bawah laut.

Beberapa kali ia bertatap muka dengan satwa laut seperti paus dan hiu saat menyelam. Namun ia mengaku tidak takut hewan-hewan yang dianggap menakutkan itu.

"Ketemu binatang-binatang besar mungkin kayak paus, hiu, dan lainnya. Ada yang bilang 'kok kamu enggak digigit?' Sejak kapan mereka gigit," kata Nadine saat ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Kamis (18/8/2016).

Menurut Putri Indonesia 2005 itu, satwa buas juga seperti manusia. Mereka tidak suka disentuh manusia yang asing.

"Ibaratnya kita mau enggak sih di pegang-pegang sama orang enggak dikenal? Risih kan? Sama seperti ikan," ujar Nadine.

Untuk itulah ia melakukan kerap berkampanye tentang etika menyelam. "Jadi kita campaign terus, jangan pegang-pegang ikan, meninggalkan sampah, karena ikan pun risih kalau dipegang dan itu tidak nyaman," lanjut Nadine.

"Yang membedakan adalah saya bisa menjerit kalau enggak suka, nah kalau ikan mungkin kabur, tapi kalau masih ngeyel juga nih manusia mungkin akan dikasih peringatan," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com