Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duet Riri Riza-Mira Lesmana untuk "Maestro Indonesia"

Kompas.com - 12/09/2016, 19:22 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com -- Produser film Mira Lesmana kembali duet dengan sutradara Riri Riza untuk proyek penggarapan film dokumenter berjudul Maestro Indonesia yang mengangkat sejarah tokoh-tokoh bangsa yang inspiratif.

Mira mengatakan, Maestro yang melibatkan aktor Nicholas Saputra sebagai narator, akan menjadi serial dokumenter yang ditayangkan di YouTube.

Pada seri pertama, film ini mengangkat sejarah tokoh Soejoedi Wiryoatmadja dan Chairil Anwar. Dua orang tersebut merupakan tokoh legendaris di bidang arsitek dan kesusastraan.

"Tokoh-tokoh ini adalah yang memberikan kebanggaan terhadap Indonesia, bahwa sudah sejak tahun 50-an dan 60-an kita punya tokoh yang kreatif dan inspiratif," kata Mira di sela pemutaran perdana film Maestro di Piknik Sinema Bintaro Jaya Xchange Mall, Tangerang Selatan, Sabtu (10/9/2016).

"Keunikan dari film ini adalah penonton tidak akan melihat film dokumenter yang hanya menampilkan gambar atau foto sejarah namun film ini benar-benar kami kemas dengan audio-visual yang menggugah minat anak muda agar mau menonton," sambungnya menambahkan.

Proses kreatif pembuatan film ini memakan waktu sekitar dua tahun karena harus melalui proses kurasi dan mendesain konsep.

"Kami manfaatkan semaksimal mungkin. Dalam hal ini yang paling bisa kita rasakan, film bisa mendekatkan pemirsanya dengan sang tokoh," ujar Riri.

Riri menambahkan, pemilihan Nicholas sebagai narator juga didasari alasan yang kuat.

"Nicholas Saputra di film ini tidak banyak tahu tentang tokoh-tokoh itu sehingga ini menjadi tantangan juga bagi dia. Tapi dia itu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang banyak hal dan dia memang pintar," ujar Riri.

Film yang memiliki durasi masing-masing 15 menit ini selain ditayangkan di Piknik Sinema Bintaro Jaya Xchange Mall, juga dapat diunduh di Youtube pada 19 September mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com