Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lengan Kiri Arifin Putra Difilmkan

Kompas.com - 27/10/2016, 16:32 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kisah lengan kiri Arifin Putra diangkat ke dalam film pendek karya sutradara Angga Dwimas Sasongko. Film tersebut berjudul The Untold Story of Arifin Putra.

Dalam enam episode yang masing-masing berdurasi sekitar lima menit itu, dikisahkan perjuangan Arifin menjadi pemain film laga dengan lengannya yang tak sempurna.

Hal itu memang benar-benar terjadi. Lengan kirinya tidak bisa bergerak secara normal sejak lahir.

"Sebenarnya informasi ini ada di website aku dan kalau ada yang nanya aku cerita juga, jadi bukan rahasia sih. Cuma ini pertama kali jadi ekspose utama (dalam film)," katanya usai jumpa pers AXElerate The Series di CGV Blitz Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (26/10/2016) malam.

"Keterbatasan fisik aku itu di lengan kiri aku, dari lahir. Jadi ada komplikasi pada proses saat aku lahir dan dokter dulu malah bilang lengan aku enggak bisa digerakin sama sekali," tambahnya.

Arifin memilih bagian kisah hidupnya yang ini karena ia merasa keterbatasan fisiknya itulah yang awalnya menjadi halangan terbesar. Terutama untuk profesinya sebagai aktor.

"Misalnya buat aku agak lebih susah buat berkarya. Contohnya, bermain dalam film laga. Mulanya enggak kepikiran bisa karena film laga itukan membutuhkan fisik sempurna," ucapnya.

Namun, setelah berhasil melewati tantangan bermain film laga dengan lengan kiri yang tak bisa bergerak sempurna, Arifin merasakan kepuasan.

Maka dari itu film pendek tentangnya itu ia harapkan bisa menjadi inspirasi dan motivasi.

"Bisa main film laga, merasa luar biasa banget bangga dengan diri sendiri bisa melewati halangan utama. Dengan kerja keras dan tekun mau belajar, berubah. Ini untuk menunjukkan ke diri sendiri dan orang-orang bahwa gua bisa loh," ujarnya.

"Awalnya agak ragu share (lewat film). Tapi setelah dipikir-pikir malah jadi inspirasi. Emang iya gue punya keterbatasan, tapi gue berhasil ngejalaninnya atau minimal mencari solusinya," tambah Arifin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com