Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkostum Mirip Seragam Nazi, Kelompok Vokal Jepang Keyakizaka46 Dikecam

Kompas.com - 02/11/2016, 21:39 WIB

TOKYO, KOMPAS.com -- Sebuah kelompok vokal Jepang, yang semua anggotanya perempuan, dikecam karena tampil dengan kostum menyerupai seragam militer Jerman era Nazi.

Para personel grup bernama Keyakizaka46 itu tampil baru-baru ini dengan busana mirip mantel panjang militer, jubah hitam, serta topi militer dengan lambang elang, mirip seragam Nazi.

Simon Wiesenthal Center, sebuah organisasi hak asasi manusia yang berbasis di AS, pada Senin (31/10/2016) waktu setempat, menyatakan bahwa mereka muak terhadap seragam tersebut.

Pihak yang sama juga menyatakan mendesak perusahaan rekaman kelompok itu dan produser mereka untuk meminta maaf.

"Melihat remaja-remaja, di panggung dan di antara para penonton, menari dengan seragam gaya Nazi, menimbulkan penderitaan besar bagi para korban genosida Nazi," ujar Abraham Cooper, dekan di Simon Wiesenthal Center, dalam pernyataan tertulis.

Surat kabar Japan Times menulis bahwa Keyakizaka46, yang dibentuk pada Agustus 2015 oleh produser Yasushi Akimoto, merupakan cabang dari kelompok yang sangat sukses, AKB48.

Surat kabar yang sama menulis pula bahwa lagu pertama Keyakizaka46, "Silent Majority", ada di puncak tangga lagu Jepang, setelah terjual 260.000 keping dalam minggu pertama sesudah dirilis pada 6 April. (hd)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com