Sejumlah Selebriti Suarakan Deklarasi #ToleransiDamai - Kompas.com

Sejumlah Selebriti Suarakan Deklarasi #ToleransiDamai

Andi Muttya Keteng Pangerang
Kompas.com - 17/11/2016, 09:21 WIB
KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Dira Sugandi tampil dalam PeaceTol di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta Timur, Rabu (16/11/2016) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah artis musik Tanah Air ikut menyuarakan deklarasi #ToleransiDamai dalam dalam acara Peace and Tolerance (PeaceTol) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta Timur, Rabu (16/11/2016) malam.

Di antara mereka ada penyanyi jazz Dira Sugandi, rapper JFlow, Juli "Kill the DJ", artis peran dan sutradara Ernest Prakasa, penyanyi reggae Steven Jam dan lainnya.

Dipimpin oleh Direktur The Wahid Institute, Yenny Wahid, deklarasi damai itu dikumandangkan di area Teater Terbuka UNJ dalam rangka merayakan Hari Toleransi Dunia 2016.

"Kami berbangsa menghormati yang beda: damai dan toleran. Kami mencintai semua: alam dan manusia kami Indonesia."

Ikrar itu terdengar lantang diucapkan semua orang yang menghadiri kegiatan tersebut.

Pada perayaan Hari Toleransi Sedunia ini akan dihadiri sejumlah tokoh, perwakilan organisasi keagamaan, musisi dan artis, mahasiswa, serta tamu duta besar atau perwakilan dari negara sahabat.

"Kami sengaja bikin ini karena kami khawatir dengan maraknya kebencian saat ini, saling mencaci dan mengirimkan pesan-pesan kebencian. Seolah-olah lupa bahwa kita sebangsa. Semangat toleransi harus selalu digelorakan," seru Yenny yang disambut sorak sorai.

"Kita deklarasikan Toleransi Damai untuk menjaga semangat ke-bhinneka-an negara kita," imbuhnya. Tak hanya menjadi penyuara Deklarasi #ToleransiDamai, para musisi yang ikut serta juga menyumbangkan suaranya dalam PeaceTol.

PenulisAndi Muttya Keteng Pangerang
EditorKistyarini
Komentar

Close Ads X